DVI Polda Jabar Identifikasi 8 Korban Longsor di Bandung Barat

JABAR EKSPRES – Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Barat berhasil mengidentifikasi 8 korban bencana longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, tim SAR gabungan selama 7 hari operasi pencarian berhasil menemukan 7 korban di Kampung Gintung, sementara satu korban lainnya ditemukan di aliran sungai Citarum dengan perkiraan jarak sejauh 15 kilometer dari titik longsor.

“Selasa tanggal 2 April 2024 di RSUD Cililin, Bandung Barat, giat DVI bencana tanah longsor dan banjir bandang. sudah menerima sebanyak 8 kantung jenazah dan sudah teridentifikasi semua,” ungkap Kepala Biddokes Polda Jabar, Nariyana saat dihubungi, Rabu (3/4/2024).

Nariyana mengatakan, 7 korban yang berhasil di identifikasi melalui catatan medis serta kecocokan dengan busana yang dipakai oleh para korban pada saat kejadian longsor.

BACA JUGA: Jelang Idul Fitri 2024, Polresta Bandung Musnahkan Puluhan Ribu Botol Miras, Obat Terlarang dan Knalpot Brong

5 korban atas nama Nurlatifah (8), Sulastri (20), Diki Saputra (4), Aam (50), Dadi (58), dan Nurul Khofifah alias Syifa (8) teridentifikasi melalui catatan medis dan properti yang mereka kenakan.

Sementara korban atas nama Nabila (5) terindentifikasi berdasarkan catatan medis gigi dan properti, dan Eras (50) terindentifikasi berdasarkan sidik jari, catatan medis, dan properti.

“Tujuh dari delapan jenazah korban itu ditemukan di area longsor di Kampung Gintung, mereka berhasil ditemukan dengan metode penyemprotan air ke tiga titik worksite yang sebelumnya dipetakan tim SAR gabungan,” jelasnya.

Sementara satu orang korban ditemukan di aliran sungai Citarum dengan perkiraan jarak sejauh 15 kilometer dari titik longsor. Aji diduga tergerus material longsor dan terbawa hanyut arus deras banjir bandang yang saat itu terjadi bersamaan dengan longsor.

“Jenazah cocok dengan data dan teridentifikasi sebagai Aji, laki-laki usia 2 tahun alamat Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor. Jenazah Aji terindentifikasi berdasarkan pemeriksaan oleh lab DNA Pusdokkes mabes Polri,” ujar Nariyana.

Atas terungkapnya identitas 8 orang korban longsor yang ditemukan itu, maka tersisa dua orang atas nama encep (69) dan Opin (45) yang saat ini masih belum ditemukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan