Kendaraan Roda Dua Diprediksi Mendominasi Arus Mudik Lebaran Tahun Ini

JABAR EKSPRES – Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat (Dishub Jabar), memprediksi pengguna roda dua atau sepeda motor akan mendominasi arus mudik tahun ini.

Bahkan berdasarkan hasil survei, Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan Dishub Jabar, Agus Didik menyebut dari total 37 juta masyarakat Jabar yang akan melakukan perjalanan mudik, 5,5 juta lainya bergerak menggunakan roda dua.

“Untuk di Jawa Barat ini, potensi pilihan moda transportasinya (saat perjalanan mudik) justru menggunakan sepeda motor. Itu ada sekitar 5,5 juta atau 24,02 persen. Sementara untuk mobil pribadi 4,5 juta atau 19,8 persen, kereta api 4,2 juta atau 18,63 persen, bus 3,8 juta atau 16,66 persen dan mobil sewa 2,1 juta atau 9,13 persen,” katanya di Gedung Sate Bandung, Selasa (2/4).

BACA JUGA: Mendagri Didesak Evaluasi Pj Bupati KBB, Arsan Latif Dinilai Gagal Tuntaskan Permasalahan di Bandung Barat

Agus menambahkan, banyaknya pemudik yang menggunakan roda dua, dikarenakan sebagian besar jarak perjalanan mudik masyarakat Jabar tidak terlalu jauh.

“Pemudik motor paling banyak itu berdasarkan hasil survei karena mungkin itu jaraknya dekat misal ke Garut, Tasik dan lain sebagainya,” ucapnya.

Meski begitu, Agus menuturkan masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan umum, masih banyak diminati oleh masyarakat di Jabar untuk melakukan perjalanan mudik.

“Sehingga kita menghimbau masyarakat agar lebih menggunakan angkutan (umum) seperti bus, kereta dan lain-lain. Kalau tidak tersedia angkutan umum, bisa juga sama-sama menggunakan angkutan sewa,” pungkasnya.

BACA JUGA: Bey Machmudin Harap Kontribusi Bank BJB Semakin Besar dalam Pembangunan Jabar

Sebelumnya, Sekitar 22,8 juta jiwa atau 72,12 persen masyarakat di Jawa Barat (Jabar), diprediksi akan melakukan perjalanan pulang kampung saat mudik lebaran Idul Fitri nanti.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, dari total sekitar 22,8 juta jiwa yang akan pulang kampung tersebut, sebagian besar masyarakat memilih melakukan perjalanannya dengan menggunakan roda dua atau sepeda motor.

“Jadi dari sekitar 22,8 juta jiwa atau 72,12 persen masyarakat di Jabar yang berpotensi melakukan pergerakan saat mudik lebaran nanti, 24,02 persennya atau sekitar 5,5 juta jiwa, diprediksi akan bergerak dengan menggunakan sepeda motor,” ucap Kepala Dishub Jabar, A Koswara, Sabtu (30/3) kemarin.(San).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan