Jelang Lebaran, Pemkot Bandung Sorot Akses Jalan TPU Nagrog

JABAR EKSPRES –  Akses jalan menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Nagrog di Kecamatan Ujung Berung, saat ini menjadi sorotan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung jelang masa ziarah pada momentum Hari Raya Idul Fitri 2024. Diketahui bahwa jumlah peziarah seringkali membeludak.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung pun menyoroti kesiapan akses jalan guna antisipasi melonjaknya para peziarah. Sejumlah instansi terkait fokus dalam hal itu, yakni Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi dan Tata Ruang (Ciptabintar) dan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM).

Kepala Dinas Ciptabintar, Bambang Suhari memastikan, menjelang musim lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 ini, pihaknya berkoordinasi melibatkan unsur aparat kewilayahan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

BACA JUGA: DBD di Kota Bogor Tembus 1435 Kasus, Pemkot Masifkan Gertak PSN

Selain itu, pada momen ziarah, pihaknya bakal menyiapkan personel di lapangan. “Memonitor pelaksanaan pelayanan di lapangan, terutama khusus pelayanan ziarah makam yang hari H itu dan H+1 itu biasanya ziarah makam membludak,” ungkap Bambang, Senin (1/4).

“Oleh karena itu, kami sudah berkolaborasi dengan Satpol PP dan Dishub meminta bantuan secara formil. Sudah dilaporkan juga kepada pimpinan bahwa kami perlu pengamanan,” tambahnya.

Pihaknya menyorot akses jalan TPU Nagrog lantaran tempat ini menjadi jalur pada peziarah. Apalagi mengingat akses jalan menuju TPU tersebut dianggap terbatas. Sehingga muncul pula permintaan dari Dinas Ciptabintar soal larangan penggunaan kendaraan roda empat ke area TPU.

“(Jadi) nanti Satpol PP akan menurunkan timnya, baik Linmas maupun Satpol PP untuk membantu proses parkir pada saat ziarah makam, khusus yang jalur-jalur padat pada saat ziarah makam,” ucapnya.

“Nagrog itu kan akses masuknya hanya jalan itu-itunya, hanya satu-satunya ya, sehingga kami mencoba dengan para kepala UPT untuk ziarah makam di lokasi tertentu jangan menggunakan roda empat,” jelas Bambang.

Sementara Kepala Dinas SDABM, Didi Rustandi menegaskan, pihaknya dalam waktu dekat bakal turut melakukan perbaikan di sejumlah titik TPU Nagrog. Seperti diantaranya penambalan akses jalan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan