Cek Lokasi Penukaran Uang Baru Secara Online dengan Menggunakan Hp!

JABAR EKSPRES – Bank Indonesia (BI) akan membuka program Serambi 2024 sebagai layanan penukaran uang baru menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Program ini akan berlangsung dari 15 Maret hingga 5 April 2024 dan memfasilitasi penukaran uang baru di 499 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. BI bekerja sama dengan 16 bank mitra, termasuk Bank Mandiri, BRI, BCA, dan lainnya, untuk memudahkan pelayanan ini.

Penukaran uang baru dapat dilakukan oleh masyarakat di tempat-tempat ramai seperti pasar dan ritel. Selain itu, warga Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera juga dapat menukarkan uang baru di sepanjang sungai-sungai yang besar.

Untuk memudahkan pencarian lokasi penukaran, BI menyediakan layanan informasi melalui website PINTAR di https://pintar.bi.go.id/Order/KasKeliling. Lokasi penukaran uang dapat ditemukan dengan cara mengunjungi website PINTAR tersebut atau menggunakan aplikasi PINTAR.

Setelah membuka website atau aplikasi, pengguna harus memilih provinsi yang diinginkan dan klik tombol “Lihat Lokasi”. Informasi mengenai lokasi, alamat, tanggal, dan jam operasional penukaran uang akan muncul di layar. Jika lokasi sudah penuh, pengguna akan melihat keterangan “kuota habis” pada jam operasional.

Baca juga: Catat Batas Penukaran Uang Baru untuk Lebaran 2024

Cara Melakukan Penukaran Uang

Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling” dan pilih provinsi lokasi penukaran uang yang diinginkan. Kemudian, klik “Lihat Lokasi” dan tunggu daftar lokasi penukaran uang dan tanggal penukaran uang muncul.

Pilih lokasi, tanggal, dan waktu yang diinginkan. Isi data diri seperti nama, NIK, nomor handphone, dan email, serta jelaskan jumlah uang yang akan ditukarkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah melengkapi pesanan, pengguna akan mendapatkan bukti pemesanan yang harus dibawa saat melakukan penukaran uang di lokasi yang sudah dipilih.

Dengan memanfaatkan layanan online melalui aplikasi PINTAR, masyarakat dapat dengan mudah menemukan lokasi dan melakukan penukaran uang baru secara efisien menjelang perayaan Idul Fitri.

Selain itu, BI juga berkomitmen untuk memastikan ketersediaan uang baru yang cukup di seluruh wilayah Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan