Tinggi Akan Kalori, Ketahui Kandungan Gizi Kacang Pecan

JABAR EKSPRES – Kacang pecan merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon pecan atau yang disebut dengan nama latin Carya illinoinensis.

Jenis pohon ini biasa tumbuh di wilayah Amerika Utara, khususnya di negara bagian selatan AS.

Memiliki ciri khas bentuk oval memanjang dengan kulit cokelat tua dan biji berwarna krem. Jenis kacang ini memiliki rasa yang lezat, manis, dan kaya akan nutrisi.

Kandungan Gizi Kacang Pecan

Kacang pecan mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk:

  • Lemak Sehat

Kacang pecan mengandung lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang baik untuk kesehatan jantung, seperti asam oleat dan asam linoleat. 

BACA JUGA: Ketahui Kandungan Gizi dan Manfaat Dari Sayur Kale Bagi Kesehatan

  • Protein

Kandungan protein dalam kacang pecan membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.

  • Serat

Kacang pecan mengandung serat makanan yang tinggi, baik serat larut maupun tidak larut, yang penting untuk pencernaan yang sehat, mengendalikan kadar gula darah, dan menjaga kesehatan usus. 

BACA JUGA: Kaya Akan Kandungan Nutrisi, Ini Manfaat Konsumsi Kembang Kol

  • Vitamin dan Mineral

Kacang pecan mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, vitamin B6, tiamin, folat, magnesium, fosfor, tembaga, dan mangan.

  • Antioksidan

Kacang pecan mengandung antioksidan seperti vitamin E, flavonoid, dan fitosterol, yang membantu melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Kacang pecan dapat dikonsumsi secara langsung sebagai camilan, selain itu dapat juga ditambahkan ke dalam berbagai hidangan seperti salad, oatmeal, atau kue, atau digunakan sebagai bahan utama dalam masakan.

Namun, pastikan untuk mengonsumsi kacang pecan dengan porsi yang seimbang karena jenis kacang ini mengandung kalori yang cukup tinggi. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan