6 Manfaat Konsumsi Hazelnut Bagi Kesehatan

JABAR EKSPRES – Mengandung berbgai nutrisi di dalamunya, hazelnut merupakan jenis kacang-kacangan yang berasal dari pohon yang bernama latin Corylus avellana dengan berbagai manfaat kesehatan.

Miliki kandungan nutrisi yang kaya, seperti protein, lemak sehat, serat, vitamin, antioksidan, dan mineral.

Berikut ini terdapat beberapa penjelasan mengenai manfaat kesehatan dari konsumsi hazelnut.

Manfaat Mengonsumsi Hazelnut

Konsumsi hazelnut secara teratur dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, antara lain:

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam hazelnut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik), serta mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. 

BACA JUGA: Ketahui 7 Jenis Garam dengan Manfaat dan Kandungan yang Berbeda

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan vitamin E dalam hazelnut memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin E dan antioksidan lainnya dalam hazelnut dapat melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan mengurangi risiko penyakit mata terkait penuaan seperti degenerasi makula.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Hazelnut mengandung serat makanan yang tinggi dan lemak sehat yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil, sehingga membantu dalam program penurunan berat badan.

  • Mengurangi Risiko Diabetes

Hazelnut memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam hazelnut dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi kerusakan akibat sinar UV, dan mencegah penuaan dini.

Pastikan untuk mengonsumsi jenis kacang ini dengan jumlah yang seimbang, karena terdapat kandungan kalori yang cukup tinggi di dalamnya.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan