Paus Fransiskus Bakal ke Indonesia 3 September 2024, Menag: Kado Istimewa Umat Katolik

JABAR EKSPRES –Paus Fransiskus direncanakan akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada tanggal 3 September 2024.

Informasi ini didapatkan setelah pemerintah menerima surat pemberitahuan dari otoritas Vatikan mengenai rencana kedatangan Paus Fransiskus.

“Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia,” kata Menag Yaqut dikutip dari rilis Kemenag, Sabtu (30/3/2024).

Menurut Menag, kedatangan pemimpin tertinggi umat Katolik ini telah lama dinantikan oleh Presiden Joko Widodo.

Pada bulan Juni 2022, Gus Men, panggilan akrab Menag, telah mengirimkan surat undangan dari Presiden Jokowi kepada Paus Fransiskus.

“Alhamdulillah, setelah hampir dua tahun menunggu, Paus Fransiskus akhirnya dapat hadir di Indonesia. Ini saya kira menjadi kado istimewa juga bagi umat Katolik khususnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Jemaat Gereja Katolik Santo Filipus Kota Banjar Diberi Kejutan Oleh Warga Usai Misa Malam Natal

Indonesia telah berhasil menjaga toleransi dan perdamaian di antara pemeluk agama, termasuk juga ratusan umat dari agama lokal.

Oleh karena itu, saat kunjungannya nanti, Gus Men mengharapkan Paus Fransiskus dapat menyaksikan secara langsung keragaman dan persaudaraan antar umat beragama yang berkembang di tengah masyarakat Indonesia.

Paus Fransiskus adalah Paus ke-266 yang memimpin Gereja Katolik saat ini. Sejak tahun 2013, dia juga menjabat sebagai kepala negara Negara Kota Vatikan.

Lahir pada 17 Desember 1936 di Buenos Aires, Argentina, pria ini memiliki beragam sebutan nama, termasuk Paus Fransiskus, Francis, dan Francis I. Nama aslinya adalah Jorge Mario Bergoglio.

BACA JUGA: Jadi Gereja Katolik Pertama di Jawa Barat, Ini Dia Sejarah Singkat Gereja Santo Yusuf Cirebon

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan