Apa Itu Gudang Munisi atau Gudmurah? Ramai Usai Terjadinya Ledakan Gudmurah TNI AD di Bogor

JABAR EKSPRES – Setelah ledakan yang terjadi di Gudmurah Bogor, beberapa orang menjadi penasaran dengan tempat apa sebenarnya gudang munisi atau Gudmurah tersebut? Berikut adalah informasinya.

Seperti yang diketahui, gudang munisi daerah atau Gudmurah Kodam Jaya berlokasi di Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, dan mengalami ledakan pada Sabtu (30/3/2024) sekitar pukul 18.15 WIB.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat insiden ini.

Bagi mereka yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa  sebenarnya gudang munisi itu, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Amunisi?

Menurut definisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), amunisi merujuk kepada dua hal.

Pertama, sebagai bahan pengisi senjata api seperti mesiu dan peluru. Kedua, amunisi juga merujuk kepada bahan peledak yang ditembakkan kepada musuh, seperti bom, granat, atau roket.

BACA JUGA: Mengenal Robot Canggih Pemadam Api saat Gudang Munisi di Bogor Meladak, Ternyata Begini Bentuknya

Apa Itu Gudang Munisi atau Gudmurah?

Menurut informasi yang dikutip dari situs web Paldam Udayana, Gudmurah berperan sebagai unsur pelaksana dalam Paldam yang bertugas mengatur kegiatan terkait penerimaan, penyimpanan, dan pemeliharaan munisi persediaan, serta munisi hasil pengembalian, rampasan, atau sitaan.

Tugasnya termasuk melakukan pemilihan dan pengelompokan munisi sesuai dengan persyaratan teknis, serta mengeluarkan atau menyalurkan munisi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menurut penjelasan yang disajikan di situs web Kampus Akademi Militer, untuk memastikan bahwa munisi selalu dalam kondisi baik dan dapat digunakan kapan saja, pemeliharaan munisi di dalam gudang harus dilakukan secara terus-menerus.

BACA JUGA: Ini Fakta dan Kronologi Detik-Detik Gudang Munisi di Bogor Meledak

Pemeliharaan munisi meliputi segala upaya, pekerjaan, dan kegiatan untuk mencegah kerusakan serta memperbaiki kerusakan dengan mempertimbangkan aspek ekonomi, keselamatan, dan keamanan, sehingga munisi tetap dalam kondisi optimal dan siap digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Suhu dan kelembaban merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan munisi.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan