Mengenal Robot Canggih Pemadam Kebakaran saat Gudang Munisi di Bogor Meledak, Ternyata Begini Bentuknya

JABAR EKSPRES – Gudang Munisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya TNI AD di Ciangsana, Kabupaten Bogor meledak pada Sabtu (30/3/2024).

Diketahui, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengirim dua unit robot pemadam kebakaran jenis Dok-Ing MVF-5 U3 dan LUF-60 untuk membantu dalam proses pemadaman api di lokasi ledakan.

Dilaporkan dari akun Instagram @humasjakfire, Pemadam Jakarta telah mengerahkan 12 unit peralatan (termasuk unit pompa, unit LUF 60, unit DOK-ING, dan unit fire stick) serta 50 personel ke lokasi kejadian.

Bagaimana Kerja Robot Khusus Pemadam Api?

Dilansir dari laman Antara, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menjelaskan bahwa dua robot telah melakukan penelusuran di wilayah gudang yang terkena kebakaran.

Sedangkan mobil pemadam lainnya fokus pada memadamkan api di sekitar area yang terkena dampak.

Di samping itu, dua robot yang dioperasikan dari jarak 200 meter oleh petugas bertugas untuk menemukan titik api di tempat kejadian.

Mereka memeriksa apakah masih ada titik api atau tidak, dan jika tidak, wilayah tersebut dianggap aman. Jika tidak ada titik api, tim akan memasuki zona tersebut untuk melakukan pendinginan menggunakan metode khusus.

Namun, jika titik api masih ada, robot akan mengambil tindakan dengan menggunakan semprotan khusus.

BACA JUGA: Ini Fakta dan Kronologi Detik-Detik Gudang Munisi di Bogor Meledak

4 Fakta Robot Pemadam Kebakaran

Ada 4 fakta menarik tentang mobil robot berjenis Dok-Ing MVF-3 sebagaimana disampaikan di Instagram @dkijakarta, berikut ini:

1. Robot yang multifungsi. Mobil robot ini memiliki banyak fungsi yang memudahkan petugas dalam menangani keadaan darurat di daerah yang sulit dijangkau.

Dapat digunakan untuk memecahkan atau membobol berbagai material yang menghalangi akses, serta membantu membersihkan puing-puing dan membuka jalan bagi proses evakuasi dalam situasi bencana seperti gempa bumi.

BACA JUGA: Kondisi Terkini Gudang Munisi yang Meledak di Ciangsana, Lokasi Sekitar Dipastikan Aman

2. Dilengkapi dengan sistem robotik agar bisa kontrol jarak jauh yang memiliki radius operasi hingga 500 meter.

3. Memiliki ketahanan terhadap ledakan dan dilengkapi dengan tangki air berkapasitas 2.500 liter, tangki foam berkapasitas 500 liter, serta pemancar air dengan jangkauan hingga 55 meter dan busa air dengan jangkauan hingga 45 meter.

Tinggalkan Balasan