Jelang Arus Mudik 2024, Polresta Bandung Kerahkan 1500 Personel dan Siapkan 26 Pos Pengamanan

JABAR EKSPRES – Jelang arus mudik 2024, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandung akan menyiapkan Pos Pengamanan (Pos Pam) di 26 titik di wilayah Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan dari 26 titik pos, dua diantaranya pos pelayanan dan satu pos terpadu.

“Untuk pospam ada 26 titik. 23 dari pospam, kemudian 2 pos pelayanan di Ciwidey dan Cikaledong Nagreg. Sedangkan pos terpadunya itu ada di Cileunyi,” ujar Kusworo saat ditemui di Mapolresta Bandung, Soreang, Jumat (29/3/2024).

Tak hanya membuat pos, Kusworo menyebut jika Polisi Sektor (Polsek) yang berada di jalur mudik atau wisata pun bisa dijadikan rest area.

“Bisa. Selain polsek, pospam pun bisa digunakan untuk rest area,” sebutnya.

Selain itu, kata dia, nantinya di pospam akan ada beberapa fasilitas untuk masyarakat beristirahat dengan nyaman.

“Dimana disitu ada toiletnya, ada musholanya dan bahkan di beberapa pospam kami menyediakan kursi pijat. Sehingga masyarakat bisa melepas lelah di sana,” ungkapnya.

Adapun untuk personil pengaman sendiri pada arus mudik ini, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 1500 personel gabungan.

“Personil pengamanan kami terjunkan sebanyak 1.500 personil. Terdiri dari Polri, Kodim Kemudian Satpol PP, Dishub, BPBD, dan lain-lain,” terangnya.

Ditanya terkait antisipasi cuaca yang kerap terjadi dengan ekstrim, Kusworo pun mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati.

“Jadi termasuk dalam kondisi kendaraan tadi wiper, kemudian juga ban, jangan sampai botak. Ini kan mengantisipasi daripada cuaca-cuaca ekstrim,” kata dia.

Menurutnya, pihaknya pun tidak bisa mengantisipasi terkait kondisi alam, namun jika hal itu terjadi masyarakat diminta untuk tidak memaksakan kendaraannya untuk melaju.

“Kondisi alam memang kita bisa merasakan. Jadi walaupun kita sudah antisipasi, namun ketika cuaca ekstrim. Ya istirahat dulu Jangan dipaksakan,” pungkasnya.

Writer: Agi Ilman Darmawan

Tinggalkan Balasan