Puluhan Gepeng dan Pengemis Terjaring Razia Satpol PP dan Dinsos Kota Cimahi

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Maraknya penyebaran gepeng, anak jalanan, pengemis, dan gelandangan lainnya di Kota Cimahi, membuat ketertiban umum terganggu khususnya keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Dinas Sosial dan Satpol PP Kota Cimahi berkolaborasi dalam razia gepeng di sekitaran kota untuk menertibkan mereka yang kerap berdiam di trotoar jalan atau pun fasilitas umum.

Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP, Kadina mengatakan, dalam rangka ketertiban di Kota Cimahi terutama selama bulan ramadan ini, pihaknya ingin mewujudkan Cimahi yang campernik.

“Kami Satpol PP dengan Dinsos  mengantisipasi jangan sampai mendekati lebaran, kita dipenuhi oleh mereka karena kedatangan mereka (manusia gerobak gelandangan pengemis anak jalanan) kerap mengganggu ketertiban umum,” ucap Kadina pada Jabar Ekspres saat ditemui usai pelaksanaan razia di Alun-alun Cimahi pada Kamis, 28 Maret 2024.

BACA JUGA: SPBU di Cimahi Diawasi Ketat Jelang Mudik Lebaran

Kadina mengungkapkan, tindakan mereka bertujuan untuk membuat simpati masyarakat yang menyebabkan peningkatan jumlah gelandangan yang berkeliaran di daerah perkotaan yang padat penduduk.

“Termasuk tadi ada yang mengamuk, itu strategi mereka saja (akting) agar tidak ditertibkan. Kebanyakan mereka berakting untuk membuat masyarakat seolah-olah iba,” paparnya.

“Dari Satpol PP kita harus menerapkan Perda Ketertiban Umum, kita selalu mengantisipasi. Hal ini sudah seperti profesi bagi mereka, karena itu kebanyakan mereka kami data,” tambahnya.

Dia meneruskan, gepeng dan gelandangan itu menargetkan Jalan Cimindi dan Jalan Amir Mahmud. Mereka yang tertangkap nantinya akan dibina di Cimindi.  Pembinaan saat ini berbeda dengan sebelumnya, menurutnya saat ini pembinaan terbilang cukup simpel.

“Kalau tahun kemarin kita tangkap dan kita bawa ke Dinsos lalu kita bina di situ. Sekarang lebih simpel. Tadi kita tangkap dan bina lagi di Taman Kartini, terus di Cimahi Mall dan terakhir di Alun-alun Cimahi,” jelasnya.

“Manusia gerobak, manusia silver, dan pengamen jalanan juga menjadi sasaran razia dan akan kita tertibkan,” tambahnya.

BACA JUGA: Ribuan ODGJ Terlantar di Kota Cimahi: Tantangan Penanganan hingga Penolakan Keluarga

Di lokasi yang sama, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Pemberdayaan Sosial, Supijan Malik menjelaskan gelandangan dan pengemis yang terjaring razia, mayoritas penduduk dari luar Kota Cimahi, bahkan ada yang dari luar pulau Jawa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan