Amalan Sunnah di Malam Jumat Paling Mustajab, Dapat Kabulkan Hajat

JABAR EKSPRES – Malam Jumat merupakan waktu yang istimewa bagi umat Islam, yang penuh dengan keberkahan dan keistimewaan.

Pada hari itu dan malamnya, terdapat banyak amalan yang sangat dianjurkan, seperti membaca Surah Yasin, Al-Kahfi, melakukan tahlil, dan berdzikir. Namun, salah satu amalan yang tidak boleh diabaikan adalah memperbanyak doa.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ

فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ » وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا
Dari Abu Hurairah radhiyallohu anhu bahwa Rasulullah shallallohu alaihi wasallam bersabda tentang hari Jumat, “Pada hari Jumat ada waktu yang mana seorang hamba muslim yang tepat beribadah dan berdoa pada waktu tersebut meminta sesuatu melainkan niscaya Allah akan memberikan permintaannya”. Beliau mengisyaratkan dengan tangannya untuk menunjukkan bahwa waktu tersebut sangat sedikit. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan bahwa ada waktu di hari Jumat di mana Allah SWT akan mengabulkan setiap doa yang diminta oleh seorang hamba Muslim yang beribadah pada saat itu.

Waktu tersebut sangatlah singkat, sehingga sangat penting bagi umat Islam untuk memanfaatkannya sebaik mungkin.

BACA JUGA : Rangkuman Singkat Materi Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan, Ini 6 Hikmahnya

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada malam Jumat adalah membaca Surah Yasin. Surah ini sering dibaca bersama dengan tahlil, sebagai doa untuk orang yang telah meninggal dunia. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menganjurkan umatnya untuk membaca Surah Yasin secara rutin.

Mufti Muhammad bin Ali al-Syaukani dalam Kitab Al-Fawaid Al-Majmu’ah menyebutkan tentang keutamaan membaca Surah Yasin untuk orang yang telah meninggal dunia.

Begitu pula dengan Ibnu Katsir dalam tafsirnya yang mencantumkan banyak hadis tentang keutamaan membaca Surah Yasin.

Selain membaca Surah Yasin, membaca tahlil juga sangat dianjurkan sebagai doa pada malam Jumat. Tahlil mengandung doa, dzikir, dan ayat-ayat Al-Quran, sehingga sangat cocok diamalkan sebagai amalan sunnah. Dengan izin Allah SWT, membaca tahlil memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat Islam.

Bacaan tahlil juga sudah mencakup kalimat istighfar, namun kita juga bisa memperbanyak bacaan istighfar secara terpisah. Istighfar menjadi doa yang sangat mustajab pada malam Jumat untuk memohon ampunan dari Allah SWT.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan