Tips Jaga Kesehatan Selama Puasa bagi Penderita Asam Lambung

JABAR EKSPRES – Simak tips jaga kesehatan selama puasa di Bulan Ramadhan bagi penderita asam lambung menurut dokter.

Dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi lulusan Universitas Airlangga, dr. Agus Prasetyo, Sp.KFR, memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan selama berpuasa, terutama bagi Anda yang mengalami masalah asam lambung atau GERD.

Dr. Agus Prasetyo, yang biasa disapa Dokter Pras di platform digital TikTok, menyarankan agar bagi penderita GERD, penting untuk memperhatikan waktu sahur dan berbuka, serta memastikan asupan makanan tidak berlebihan atau kurang.

Dia menegaskan bahwa mengonsumsi makanan yang lembut, seperti bubur atau jeli, sebelum mengonsumsi makanan yang keras dapat membantu mengurangi potensi iritasi pada lambung.

“Bagi penderita gerd yang penting itu waktu sahur dan buka, makan secukupnya dan jangan berlebihan atau kurang. Lalu usahakan makan yang lunak dulu sepertu jeli, baru yang keras-keras,” kata dr. Agus.

BACA JUGA: Menaker Menyebut Ojol Tidak Termasuk dalam Kategori Menerima THR

Dokter Prasetyo menekankan pentingnya memulai berbuka dengan minum air putih biasa atau hangat untuk mencegah lambung terlalu kaget setelah berjam-jam dalam keadaan kosong.

Dia juga menyarankan untuk menghindari makanan yang dapat memicu gejala asam lambung, seperti makanan pedas, asam, dan berlemak tinggi, serta minuman berkafein atau soda.

Selama berpuasa, tips menjaga kesehatan bai penderita asam lambung disarankan untuk memilih makanan yang tepat, seperti daging tanpa lemak, buah-buahan yang tidak asam, sayuran, dan karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan oatmeal.

Dr. Prasetyo juga menekankan pentingnya memproses makanan dengan cara dipanggang, direbus, atau dikukus untuk menjaga kesehatan lambung.

Penderita asam lambung dapat memilih takjil yang mengandung buah atau sayuran sesuai dengan kondisinya, atau kurma yang terbukti baik bagi kesehatan lambung.

Penting juga untuk memperhatikan asupan cairan dengan prinsip 2-4-2, yaitu dua gelas saat sahur, empat gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur setelah sholat Isya, untuk menjaga kecukupan cairan tubuh.

Dr. Prasetyo menyarankan agar penderita asam lambung tidak tidur langsung setelah makan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan