Sering Dijadikan Sebagai Camilan, Ketahui Kandungan Nutrisi Dalam Nori!

JABAR EKSPRES – Nori merupakan jenis rumput laut yang di dalamnya terdapat berbagai kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.  Jenis rumput laut ini diolah dengan dikeringkan dan dipotong denganbentuk tipis-tipis hingga menjadi lembaran dengan tampilan warna hijau kehitaman dan memiliki tekstur kering dan rapuh. 

Nori sangat populer dalam masakan Jepang, terutama digunakan sebagai bungkus untuk membuat sushi, makanan pembungkus atau yang biasa disebut onigiri, atau sebagai pelengkap dalam hidangan seperti sup atau salad. 

Nori meruakan sumber nutrisi yang kaya, meskipun kandungannya dapat sedikit bervariasi tergantung pada metode pengolahannya. Beberapa manfaat yang diperoleh dari konsumsi jenis rumput laut ini adalah menjaga keseimbangan hormon, menjaga kesehatan jantung, mata, dan masih banyak manfaat lainnya. 

Kandungan Nutrisi Nori

Berikut ini penjelasan mengenai beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam nori: 

  • Protein

Nori mengandung jumlah protein yang cukup tinggi, membuatnya menjadi pilihan camilan yang baik untuk mereka yang menjalani diet vegetarian atau vegan. 

BACA JUGA: Ketahui Kandungan Gizi dan Manfaat Dari Sayur Kale Bagi Kesehatan

  • Serat

Nori mengandung serat pangan yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

  • Vitamin dan Mineral

Nori mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serta zat besi, kalsium, magnesium, dan iodin. 

BACA JUGA: Kaya Akan Kandungan Nutrisi, Ini Manfaat Konsumsi Kembang Kol

  • Asam Amino Esensial

Nori mengandung asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk membangun protein dan menjaga kesehatan sel-sel tubuh.

  • Asam Lemak Omega-3

Nori juga merupakan sumber asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan jantung dan fungsi otak. 

Meskipun nori merupakan sumber nutrisi yang baik dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, pastikan untuk mengonsumsi jenis rumput laut kering ini dalam jumlah yang wajar.

Beberapa varietas nori mungkin memiliki kandungan natrium yang tinggi karena proses pengolahannya, oleh karena itu mengonsumniya perlu perhatian lebih, terutama bagi seseorang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi atau sensitivitas terhadap natrium. Selain itu, perhatikan juga sumber dan kualitas nori yang kamu konsumsi untuk memastikan keamanan dan kualitas nutrisinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan