Kaya Kandungan Nutrisi, Ketahui Apa Itu Kombu!

JABAR EKSPRES – Kombu merupakan salah satu jenis rumput laut yang termasuk dalam keluarga alga coklat yang di salamnya terdapat berbagai kandungan nutrisi dan sering digunakan sebagai bahan masakan Jepang.

Kombu memiliki tekstur yang swedikit kenyal dan rasa yang gurih, serta sering digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat kaldu dashi, sup, atau sebagai bahan tambahan dalam masakan lainnya.

Jenis rumput laut ini memiliki nilai gizi yang tinggi dan banyak digunakan dalam masakan Jepang serta dalam diet vegan dan vegetarian. Selain itu, jenis rumput laut ini memiliki manfaat di antarnya meningkatkan kesehatan jantung, usu, hingga tulang. 

Berikut ini terdapat beberapa penjelasan mengenai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Kandungan Nutrisi Kombu

Kombu mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk:

  • Asam Amino

Kombu mengandung berbagai macam asam amino, yang merupakan blok bangunan protein yang penting untuk pembentukan jaringan tubuh. 

BACA JUGA: Ketahui 7 Jenis Garam dengan Manfaat dan Kandungan yang Berbeda

  • Serat Pangan

Kombu mengandung nutrisi seperti serat pangan yang membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus.

  • Vitamin dan Mineral

Kombu kaya akan berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, dan besi.

  • Iodin

Sejenis rumput laut ini merupakan sumber yang kaya akan iodin, mineral yang penting untuk fungsi kelenjar tiroid yang sehat dan produksi hormon. 

BACA JUGA: Ketahui Kandungan dan Manfaat Dari Jamur Shiitake Bagi Kesehatan

  • Fucoidan

Kombu mengandung fucoidan, senyawa alami yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

  • Alginat

Kombu juga mengandung alginat, senyawa yang dapat membantu mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

Namun penting untuk diingat bahwa meskipun kombu memiliki banyak manfaat kesehatan, pastikan untuk konsumsi kombu dalam jumlah yang wajar. Beberapa varietas kombu mungkin mengandung kadar iodin yang tinggi, sehingga perlu diperhatikan bagi mereka yang memiliki gangguan kelenjar tiroid atau sensitivitas terhadap iodin.

Selain itu, pastikan untuk memilih kombu yang berkualitas baik dan berasal dari sumber yang aman dan bersih untuk memastikan keamanan dan kualitas nutrisinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan