Sejenis Rumput Laut, Ini 6 Manfaat Konsumsi Kombu Bagi Kesehatan

JABAR EKSPRES – Miliki kandungan nutrisi yang kaya, kombu merupakan sejenis rumput laut yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.  Kombu memiliki nilai gizi yang tinggi dan banyak digunakan dalam masakan Jepang serta dalam diet vegan dan vegetarian. 

Beberapa kandungan nutrisi dalam jenis rumput laut ini di antaranya seperti serat pangan, vitamin, mineral, asam amino, dan beberapa kandungan lannya.

Berikut ini terdapat penjelasan mengenai manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi kombu bagi tubuh.

Manfaat Mengonsumsi Kombu

Mengonsumsi kombu secara teratur dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, di antaranya:

  • Mendukung Kesehatan Tiroid

Kandungan iodin dalam kombu sangat penting untuk fungsi kelenjar tiroid yang sehat dan produksi hormon. Konsumsi kombu dapat membantu mencegah gangguan tiroid dan memastikan keseimbangan hormon yang tepat dalam tubuh. 

BACA JUGA: Kaya Kandungan Nutrisi, Ketahui Apa Itu Kombu!

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kombu mengandung alginat, senyawa yang dapat membantu mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa fucoidan dalam kombu memiliki sifat anti-kanker yang potensial dan dapat membantu mengurangi risiko terjadinya beberapa jenis kanker.

  • Meningkatkan Kesehatan Usus

Serat pangan dalam kombu dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik dalam usus. 

BACA JUGA: 8 Manfaat Konsumsi Minuman Detox Berbahan Dasar Buah Naga!

  • Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dan antioksidan dalam kombu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

  • Mendukung Kesehatan Tulang

Kalsium dan magnesium dalam kombu penting untuk kesehatan tulang dan dapat membantu mencegah osteoporosis.

Meskipun memiliki berbagai kandungan nutrisi baik di dlamnya, perlu diingat bahwa konsumsi jenis rumput laut ini dalam jumlah yang wajar untuk menghindari berbagai risiko kesehatan, karena beberapa varietas kombu mungkin mengandung kadar iodin yang tinggi, sehingga perlu diperhatikan bagi mereka yang memiliki gangguan kelenjar tiroid atau sensitivitas terhadap iodin. 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan