Pengumuman Hasil Seleksi SNBP 2024 Hari Ini, Berikut Cara Cek Kelulusan

Jabar Ekspres – Pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 diumumkan hari ini Selasa, 26 Maret 2024 pukul 15.00 WIB. Kelulusan akan diumumkan pada portal SNPMB maupun link mirror PTN.

Jika mengacu pada SNBP tahun sebelumnya, peserta nantinya harus memasukkan nomor pendaftaran SNBP serta tanggal lahir. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka link hasil pengumuman SNBP 2024 melalui https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
2. Masukkan nomor pendaftaran atau nomor peserta SNBP 2024
3. Masukkan tanggal lahir peserta
4. Klik “Lihat Hasil Seleksi”
5. Laman berikutnya akan menampilkan pengumuman lolos atau tidaknya peserta dalam seleksi SNBP 2024.
Jalur SNBP 2024 merupakan salah satu seleksi masuk PTN berdasarkan hasil penelusuran akademik dengan menggunakan rapor, selain itu SNBP juga mempertimbangkan prestasi non akademik lainnya.

BACA JUGA: Nathan Tjoe-A-On Resmi jadi WNI, Siap Debut Bareng Timnas

Sebelumnya Jadwal SNBP telah dilaksanakan sejak akhir Desember 2023 lalu dimulai dengan pengumuman kuota sekolah. Porsi pendaftaran SNBP oleh sekolah mempertimbangkan akreditasi, yakni akreditasi A mendapatkan kuota 40 persen, akreditasi B sebesar 25 persen, dan akreditasi C sejumlah 5 persen.

Kemudian siswa yang mengikuti SNBP juga telah memenuhi persyaratan umum seperti memiliki nomor induk kependudukan (NIK), memiliki nilai rapor yang diisikan di PDSS, hingga persyaratan lain.

Pada tahap tersebut siswa memilih maksimal 2 program studi (prodi) di 1 atau 2 PTN. Dengan syarat lain, salah 1 PTN tersebut berada di provinsi yang sama dengan SMA atau sederajat asal. Adapun, bagi yang memilih 1 prodi saja, bebas untuk memilih PTN di dalam maupun di luar provinsi dari SMA berasal.

Terdapat syarat-syarat umum penentu kelolosan SNBP. Di antaranya juga memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah. Memperhitungkan lintas jurusan. Selanjutnya, SNBP telah dilakukan atas kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara adil, akuntabel, dan transparan.

BACA JUGA: Masih Berusia 22 Tahun, Billie Eilish Jadi Peraih Dua Piala Oscar Termuda

Pengecekan kelulusan SNBP 2024 akan tersedia di laman resmi SNPMB melalui https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan 40 PTN link mirror.

Berikut 40 link mirror dari PTN di Indonesia untuk melihat pengumuman hasil SNBP 2024:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan