Cari Korban Hilang Akibat Longsor di KBB, Tim SAR Kerahkan Anjing Pelacak 

JABAR EKSPRES – Pencarian korban tertimbun longsor di Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), masih terus berlanjut.

Dalam proses pencarian korban hilang yang tertimbun longsor, tim SAR gabungan mengerahkan anjing pelacak K-9 untuk mencari sisa korban.

Sekedar diketahui, akibat peristiwa itu, sebanyak 25 rumah tertimbun. Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) KBB, korban yang masih tertimbun longsor 9 orang, 3 warga mendapatkan perawatan di RSUD Cililin dan 1 orang lainnya dirawat di pengungsian.

Adapun 9 korban yang belum ditemukan yakni Encep (60), Opin (45), Diki Putra (4), Sifa (9), Dadi (55), Eras (53), Nabila Destiani (4), Aam (50), dan Aji (2).

“Betul kita kerahkan anjing K-9 untuk memmbantu dalam proses pencarian korban yang masih tertimbun. Untuk data terupdate, korban yang hilang saat ini sebanyak 9 orang,” kata Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono di lokasi bencana, Senin (25/3/2024).

BACA JUGA: Update Korban Longsor Desa Cibenda KBB, 10 Warga Hilang

Ia mengungkapkan, tebalnya material longsor dan terjalnya jurang sedikit mempersulit tim SAR gabungan untuk melakukan pencarian korban. Sehingga kata dia, bantuan K-9 bisa sedikit mempermudah proses pencarian korban.

“Kita turunkan K-9 untuk mempermudah penemuan. Dalam proses pencarian, enggak mungkin pakai alat berat karena akses ke lokasi kecil,” jelasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif mengutarakan, selain tim SAR mengerahkan K-9. Pihaknya pun sudah mengerahkan BPBD dan para relawan untuk menyisir hingga dasar jurang.

Menurutnya, hingga saat ini belum ada korban tambahan yang ditemukan.

“Petugas gabungan masih berusaha mencari para korban yang belum ditemukan. Mudah-mudahan upaya ini dipermudah,” tandasnya. (Wit)

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan