Jelang Mudik 2024, DBMPR Jabar Siapkan 41 Posko Pemantau

JABAR EKSPRES  – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR), mengaku siapkan 41 posko saat pelaksanaan mudik 2024 nanti.

Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, posko difungsikan sebagai tempat pemantauan jalur khususnya yang dilalui oleh para pemudik.

“Kita akan sediakan sekitar 41-42 posko di titik tertentu, dan ini kita nanti akan sebar mulai dari barat, utara, selatan, dan Timur (Jabar),” katanya saat dikonfirmasi, Senin (25/3).

Berdasarkan hasil pemantauannya selama ini, Bambang menyebutnya ada beberapa ruas jalan yang menjadi perhatian khusus DMBPR Jabar.

“Seperti di Cileungsi – Cianjur, di Cianjur Selatan Sindang Barang – Sukanegara, kemudian di Cikidang – Cikembar – Pelabuhan Ratu. Nah ruas jalan itu beban lalu lintasnya cukup tinggi, kemudian kondisi tanah dasarnya juga tidak baik sehingga ini menjadi perhatian kami karena berpotensi adanya kerusakan,” ucapnya.

BACA JUGA: Banjir Bandang Terjang Pemukiman Warga di Kecamatan Rongga dan Cipongkor

Dengan adanya posko yang disediakan nanti, Bambang berharap pelaksanaan mudik di Jabar dapat berjalan aman dan lancar.

“Selain posko pemantau, kita juga akan sediakan posko DRU ata penyimpan alat-alat berat di 19 titik atau lokasi yang berpotensi terjadinya bencana seperi longsor ataupun banjir. Nah ini akan kita berlakukan di H-10 sampai dengan H+10 (lebaran Idul Fitri),” pungkasnya.

Sebelumnya, DBMPR Jaba menyebut akan ada sekitar 119 ruas jalan milik provinsi yang berpotensi digunakan oleh para pemudik tahun ini.

Maka agar pelaksanaan mudik tahun ini berjalan lancar, Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono mengaku bahwa pihaknya akan terus berupaya melakukan pemelihara di ruas jalan yang berpotensi digunakan pemudik tersebut.

“Jadi dari 297 ruas jalan yang punya kewenangan provinsi itu ada hampir 119 yang berpotensi digunakan untuk jalur mudik, kemudian juga ada sekitar 100 sekian yang berpotensi juga untuk digunakan akses menuju ke pusat-pusat wisata yang ada di jabar. Nah ini akan kita kejar terus (Pemeliharanya),” katanya saat dikonfimasi, Sabtu (23/3).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan