Polri Kirim 110 Personel Bantu Masyarakat Terdampak Banjir Demak

Jabar Ekspres – Polri mengirim 110 personel tim misi kemanusiaan ke lokasi banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dalam untuk membantu Polda Jawa Tengah menangani bencana dan membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo Hari ini memberangkatkan tiga tim langsung ke Jawa Tengah untuk berangkat dalam misi kemanusiaan Polri.

“Hari Polri memberangkatkan tiga tim langsung ke Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Demak yang terdampak banjir,” tutur Dedi dikutip Jabr Ekspres dari Antara.

Irjen Pol. Dedi Prasetyo melepas sebanyak 110 personel untuk bantuan kemanusiaan di Lapangan Baharkam, Mabes Polri, Jakarta, Jumat 22 Maret 2024.

BACA JUGA: Naik Pangkat, Mayor Teddy Ditunjuk Jadi Wadanyonif 328/Dirgahayu

Dodi menjelaskan tim yang terdiri dari 110 personel tersebut dibagi menjadi tiga tim yakni tim trauma healing, Tim Dokkes Polri dan Tim Polwan Siaga Bencana.

Dodi mengungkap tim ini dibuat dengan tujuan pemulihan sekaligus meringankan beban masyarakat terdampak banjir akibat jebol-nya tanggul Sungai Wulan.

“Tim yang pertama diberangkatkan adalah tim trauma healing. Karena durasi banjir-nya cukup panjang, tim trauma healing ini nanti akan bersinergi, bekerja sama, dengan tim yang sudah ada di Polda Jateng untuk penguatan mental bagi para pengungsi yang berdampak,” ujarnya menerangkan.

Selain itu tim Dokkes Polri bertugas melaksanakan kerja sama serta kolaborasi bersama seluruh tenaga kesehatan, tenaga medis yang sudah ada di Jawa Tengah memberikan bantuan kesehatan untuk masyarakat terdampak.

BACA JUGA: Bank Indonesia Siapkan Kas Keliling Penukaran Uang, Berikut Syarat dan Ketentuannya

“Kemudian Polwan Siaga Bencana sama, karena nanti akan membantu kegiatan dapur lapangan dan juga membantu sentra-sentra pengungsian yang dibutuhkan,” ujarnya

Dodi  menambahkan, tim ini sifatnya untuk mendukung penanganan yang telah dilakukan oleh Polda Jawa Tengah. Kegiatan tugas tersebut akan dimonitor langsung oleh tim liputan khusus dari Divisi Humas Polri

Tak hanya membentuk tiga tim tersebut saja, Polri juga mengirimkan bantuan berupa dua mobil ambulans, dua mobil konseling, satu mobil tim peliputan dan dua buah truk berisi bantuan bahan pokok untuk para korban banjir Demak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan