Penelitian Ungkap Gaji Perempuan Cenderung Lebih Kecil, Namun Terkecuali 10 Profesi Ini


JABAR EKSPRES –
Kesenjangan gaji antara gender, atau yang dikenal sebagai gender pay gap, merupakan salah satu isu yang menjadi fokus dalam perbincangan tentang ketenagakerjaan

Menurut laporan dari UN Women, secara global, perempuan rata-rata menerima gaji yang 25% lebih rendah daripada rekan kerja laki-laki mereka, bahkan ketika mereka memiliki posisi dan pengalaman kerja yang sama.

Dampak dari kesenjangan ini mencakup ketimpangan pendapatan sepanjang hidup, serta peningkatan jumlah perempuan yang pensiun dalam kondisi keuangan yang kurang memadai.

Namun, meskipun kesenjangan gaji gender merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal, riset terbaru telah mengungkap bahwa ada beberapa pekerjaan di mana perempuan dapat mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada rekan kerja laki-laki mereka.

BACA JUGA : Promo Ramadan Ceria: Masuk Taman Safari Bogor Hanya Rp250 Ribu, Gratis Kulineran dan Buka Bersama!

Wealth of Geeks, sebuah lembaga keuangan pribadi, telah menganalisis data tentang kesenjangan gaji gender yang diterbitkan oleh Kantor Statistik Nasional Inggris. Hasil analisis tersebut mengungkapkan beberapa pekerjaan di mana perempuan dapat mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi daripada laki-laki.

Berikut adalah 10 pekerjaan di mana perempuan mendapatkan gaji lebih tinggi daripada laki-laki:

1. Pekerja Masyarakat dan Penegakan Hukum
2. Pekerja Sosial
3. Ahli Biologi
4. Manajer Bisnis
5. Asisten Pribadi dan Sekretaris
6. Ahli atau Guru untuk Anak Berkebutuhan Khusus
7. Dokter Hewan
8. Terapis Okupasi
9. Ahli Ilmu Sosial dan Humaniora
10. Pemilik atau Manajer Bar

Profesi yang menempati peringkat teratas dalam daftar tersebut adalah Petugas Penegak Hukum Masyarakat dan Sipil. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan parkir di jalan umum dan di tempat parkir dengan menerbitkan Pemberitahuan Tilang. Dalam pekerjaan ini, perempuan rata-rata mendapatkan gaji yang 28,9% lebih tinggi daripada laki-laki.

Michael Dinich, seorang juru bicara dari Wealth of Geeks, mengomentari temuan ini dengan mengatakan, “Banyak perempuan di Inggris mungkin telah mengalami kesenjangan gaji gender selama bertahun-tahun, namun menarik untuk melihat bahwa ada pekerjaan di mana mereka bisa mendapatkan gaji lebih tinggi daripada laki-laki; temuan ini bahkan dapat menjadi inspirasi bagi beberapa orang untuk mempertimbangkan perubahan karier.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan