Penting untuk Diperhatikan, Ketahui Penyebab dan Cara Atasi Gigi Berlubang

JABAR EKSPRES – Karies gigi atau biasa disebut gigi berlubang, merupakan suatu kondisi di mana terjadi kerusakan pada lapisan luar gigi yang terjadi akibat asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak gigi. Kondisi ini jika dibiarkan atau tidak di obati dapat menyebabkan rasa sakit, sensitivitas, atau infeksi. 

Mengatasi gigi berlubang memerlukan perawatan yang tepat dari dokter gigi, dan adanya perubahan gaya hidup untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi yang baik. Jaga kebersihan mulut secara teratur dan kunjungi dokter gigi secara berkala untuk pencegahan dan perawatan yang tepat. 

Berikut ini terdapat beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi gigi berlubang.

Faktor Penyebab Gigi Berlubang

  • Kurangnya Perawatan Gigi

Kebersihan gigi yang buruk, seperti jarang menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur, dapat meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang. 

BACA JUGA: Menjadi Penyebab Meningkatnya Risiko Asam Urat, Ketahui Apa Saja Faktornya!

  • Konsumsi Makanan Manis

Mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula atau karbohidrat dapat menjadi salah satu penyebab gigi rusak, karena mudah diubah menjadi asam oleh bakteri dalam mulut, yang kemudian dapat merusak enamel gigi. 

  • Kurangnya Fluoride

Fluoride merupakan mineral alami yang dapat membantu dalam mencegah gigi berlubang. Kurangnya fluoride dalam air minum atau pasta gigi dapat meningkatkan risiko gigi rusak.

  • Bakteri dalam Plak Gigi

Bakteri dalam plak gigi menghasilkan asam yang dapat merusak enamel gigi. Jika plak tidak dihilangkan secara teratur melalui menyikat gigi dan membersihkan antara gigi, dapat menyebabkan perkembangan karies pada gigi.

  • Gigi yang Tidak Lurus

Gigi yang tidak sejajar atau bertumpuk dapat mempersulit dalam membersihkan plak dengan benar, sehingga meningkatkan risiko terjadinya karies gigi. 

BACA JUGA: Makanan Yang Baik Dikonsumsi & Dihindari Saat Sakit Maag!

Cara Mengatasi Sakit Akibat Gigi Berlubang

  • Kunjungi Dokter Gigi

Jika kamu mengalami sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang, pastikan untuk segera mengunjungi dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. 

  • Menjaga Kebersihan Gigi yang Baik

Menjaga kebersihan gigi dengan benar sangat penting untuk mencegah perkembangan karies pada gigi, dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, gunakan benang gigi secara teratur, dan berkumur dengan obat kumur antiseptik dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut. 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan