Alami Ketidaknyamanan karena Iritasi Mata, Berikut 7 Cara Mengatasinya!

JABAR EKSPRES – Iritasi mata merupakan suatu kondisi di mana mata mengalami rasa ketidaknyamanan atau munculnya gejala seperti rasa gatal, perih, kemerahan, atau sensasi terbakar. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. 

Mengingat pentingnya mata sebagai salah satu indera utama manusia yang digunakan sehari-hari, sangatlah penting untuk merawat kesehatannya dengan baik,  jika terjadi kondisi tersebut, pastikan untuk segera mencari penanganan medis agar tidak berkepanjangan atau parah.

Berikut ini terdapat penjelasan mengenai beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab iritasi pada mata, dan beberapa cara mengatasinya. 

Faktor Penyebab Iritasi Mata

  • Alergi

Reaksi alergi terhadap beberapa sebab, seperti debu, serbuk sari, bulu hewan, atau zat kimia tertentu dapat menyebabkan iritasi pada mata.

  • Paparan Benda Asing

Debu, asap, atau benda asing lainnya yang masuk ke dalam mata dapat menyebabkan iritasi.

  • Infeksi

Infeksi bakteri atau virus seperti konjungtivitis atau yang biasa disebut sakit mata atau mata merah dapat menyebabkan iritasi.

  • Kontak Lensa yang Tidak Sesuai

Pemakaian lensa kontak dengan konsisi kotor atau tidak sesuai dengan mata dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya iritasi. 

BACA JUGA: Mudah Terserang Penyakit, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Flu

  • Paparan Sinar Matahari atau Cahaya Terang

Paparan langsung terhadap sinar matahari atau cahaya terang secara berlebihan dapat memicu iritasi.

  • Penggunaan Produk Kosmetik yang Tidak Cocok

Penggunaan produk kosmetik seperti eyeliner, maskara, atau eyeshadow yang mengandung bahan kimia tertentu atau terdapat kandungan yang tidak cocok dengan mata dapat menyebabkan iritasi.

Cara Mengatasi Iritasi Mata

  • Bilas Mata dengan Air Bersih

Pastikan untuk selalu membilas mata dengan air bersih atau larutan mata yang steril untuk membersihkan mata dari benda asing atau iritan.

  • Gunakan Tetes Mata

Gunakan obat tetes mata yang dirancang khusus untuk meredakan iritasi dan memberikan kelembapan pada mata.

  • Kompres Dingin

Kompres dingin selama beberapa menit dengan menggunakan kain bersih atau kantong es untuk mengurangi kemerahan dan peradangan pada mata. 

BACA JUGA: Penting untuk Diperhatikan, 7 Faktor yang Menjadi Penyebab Maag!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan