Upaya Disbudparpora Cimahi, Jaga Kearifan Lokal Lewat Kegiatan Seni dan Budaya

JABAR EKSPRES- Dalam rangka melestarikan budaya di Kota Cimahi, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Cimahi telah merancang sebuah program dan serangkaian kegiatan sebagai bagian dari upaya pelestarian budaya.

Selain mengusulkan penetapan objek yang diduga sebagai cagar budaya dan warisan budaya tak benda Kota Cimahi, pemerintah juga menggelar berbagai acara kebudayaan bersama para pelaku kebudayaan melalui Dewan Kebudayaan Kota Cimahi.

Menurut Kabid Kebudayaan dan Pariwisata Disbudparpora Cimahi, Nina Jullita mengatakan terdapat juga inisiatif yang berkaitan dengan meningkatkan keterampilan bagi para penggiat budaya.

“Seperti pelatihan, bimbingan teknis, pemberian sertifikasi, dan penghargaan kebudayaan bagi mereka yang berperan dalam memajukan kegiatan budaya,” ucapnya pada Jabar Ekspres saat dihubungi melalui seluler pada hari Rabu, 20 Maret 2023.

BACA JUGA: Kepala BKPSDM Majalengka Tak Hadir dalam Proses Pemeriksaan, Kejati Jabar Tahan 1 Tersangka Lainnya

Menurutnya, kekayaan budaya memiliki keterkaitan yang erat dengan industri pariwisata, karena lingkungan budaya dapat meningkatkan daya tarik bagi wisatawan yang mengunjungi suatu destinasi.

“Pariwisata dan budaya merupakan aktivitas pertukaran informasi dan simbol-simbol budaya yang di dalamnya terdapat tempat, tradisi, kesenian, upacara, dan identitas yang lainnya yang terdapat di tempat tersebut untuk dapat dinikmati oleh setiap wisatawan yang datang berkunjung,” paparnya.

Pemerintah Kota Cimahi telah mengambil langkah konkret dengan mengubah Kampung Cireundeu menjadi destinasi wisata. Kegiatan budaya di sana menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin mengunjungi kampung tersebut.

Sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2017 dan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2018 tentang Pemajuan Kebudayaan, pemerintah secara berkelanjutan berusaha untuk meningkatkan ketahanan budaya serta memperkuat kontribusi budaya lokal dalam konteks peradaban global melalui kegiatan Pelindungan, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Pembinaan Kebudayaan.

“Adapun peningkatan pemajuan kebudayaan di Kota Cimahi dapat terlihat dengan terus dilaksanakannya kegiatan kegiatan kebudayaan yang dilakukan Bersama pelaku kebudayaan di Kota Cimahi,” ungkap Nina.

Berkaitan dengan seni dan budaya, Nina mengatakan dengan mengadakan berbagai kegiatan seni budaya seperti pertunjukan, festival, pameran, atau perlombaan di tingkat Kota Cimahi, upaya lainnya dilakukan untuk memperkaya kehidupan budaya masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan