Revolusi Belajar Ngaji, Aplikasi Ngaji.ai Hadir dengan Artificial Intelligence

JABAR EKSPRES – Perusahaan inovatif dalam pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran bahasa Indonesia, Vokal.ai, telah meluncurkan aplikasi ngaji.ai untuk mendukung pembelajaran mandiri membaca Al Quran.

“Teknologi AI yang dikembangkan Vokal.ai membuat aplikasi ini mampu mendeteksi akurasi pelafalan bacaan Al Quran melalui teknologi automatic speech recognition (ASR) agar proses belajar mengaji dapat dilakukan secara mandiri,” ujar salah satu pendiri ngaji.ai Prof. Dr. Sutarto Hadi dalam keterangan persnya, Rabu (20/3).

Dengan aplikasi ini, tantangan dalam pembelajaran mengaji menjadi lebih fleksibel dan tanpa batas. Ini memungkinkan siapa pun, di mana pun, dan kapan pun untuk belajar mengaji dengan lebih mudah.

Teknologi kecerdasan buatan (AI) dan ASR memungkinkan aplikasi ini memberikan umpan balik terhadap kebenaran pelafalan bacaan Al Quran pengguna.

Sistem penilaian juga diterapkan untuk memberikan skor pada pengguna berdasarkan penyelesaian materi pembelajaran dan latihan yang dikerjakan, serta untuk memantau kemajuan belajar.

Baca juga: 19 Istilah di Bulan Puasa Ramadan dan Makananya!

Selain fitur utama untuk pembelajaran mengaji, aplikasi ngaji.ai juga menyediakan fitur tambahan seperti jadwal shalat berdasarkan lokasi, notifikasi waktu shalat dan berbuka puasa, serta arah kiblat.

Fitur lainnya termasuk deteksi kelancaran membaca Al Quran dan rekomendasi ayat harian untuk memperdalam pembelajaran selama bulan Ramadan.

Martijn Enter, pendiri Vokal.ai, menekankan bahwa aplikasi ngaji.ai dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar individu, sehingga memberikan pengalaman belajar yang lebih baik dan pemahaman yang lebih mendalam.

“Aplikasi ngaji.ai dapat menyesuaikan level kesulitan dan kecepatan belajar berdasarkan performa pengguna, sehingga memastikan adanya kemajuan pemahaman dan menghindari pengguna hilang motivasi untuk belajar,” ujarnya.

Menyambut peluncuran aplikasi ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi penggunaan kecerdasan buatan yang tepat dalam aplikasi ngaji.ai.

“Berbagai teknologi yang dikembangkan serta fitur yang diberikan membuat ngaji.ai dapat memastikan proses belajar mengaji yang baik dengan pencapaian terukur layaknya belajar mengaji langsung dengan guru,” ucap Sandiaga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan