Pemkab Bogor Fokus Tata Kebersihan Cibinong

BOGOR, JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar rapat penataan dan kebersihan lingkungan di kawasan perkotaan Cibinong di ruang rapat Bupati Bogor, Selasa 19 Maret 2024.

PJ Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengatakan, untuk mengoptimalkan pengelolaan lingkungan Kabupaten Bogor terutama penataan kebersihan perkotaan Cibinong yang bersih tentunya harus pola pengelolaan kebersihannya dilakukan secara terpadu. Mulai dari Kepala Desa, Lurah, Camat, UPT, RT RW, masyarakat juga Perangkat Daerah terkait sesuai tugas dan fungsinya.

Sebab kata dia, urusan kebersihan ini tidak hanya jadi tanggung jawab dari pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saja.

“Tim terpadu ini memiliki peran yang sangat besar terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan Kabupaten Bogor. Jangan sampai ada sampah yang bertumpuk di bahu jalan terutama di wilayah perkotaan Cibinong Raya dan seluruh wilayah Kabupaten Bogor,” ujarnya kepada media, Selasa (19/3).

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem, Pemkot Bogor Wanti-wanti Warga di Bantaran Sungai Waspada Bencana

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Subiantoro menambahkan, pembentukan tim terpadu sangat penting terlebih di Kabupaten Bogor pengelolaannya belum dilakukan secara modern artinya pemilahan sampah masih dilakukan secara manual.

“Untuk itu ke depannya Pemkab Bogor akan berupaya melakukan pengolahan dengan teknologi sehingga sampah dapat dipilah sebelum masuk ke TPAS. Dan tim terpadu ini dapat memaksimalkan pengelolaan sampah dengan baik,”ucapnya.

Di tempat yang sama, Camat Cibinong Acep Sajidin menuturkan, penataan kota Cibinong menjadi perhatian bersama terlebih dengan adanya tim terpadu serta sinergi dengan sejumlah dinas terkait alhamdulilah secara bertahap permasalahan kebersihan lingkungan di Kota Cibinong dapat terselesaikan.

“Seperti normalisasi saluran Sungai Kalibaru, dan penataan infrastrukturnya sehingga kebersihan lingkungan di wilayah Kecamatan Cibinong bisa dilakukan dengan baik,” pungkasnya. (SFR)

BACA JUGA: Solusi Persoalan Parung Panjang, Pemkab Bogor dan ATTB Sepakat 8 Poin, Berikut Isinya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan