Pahala Sholawat Kamaliyah Setara 100 Ribu Kali Sholawat lain, Berikut Bacaannya

JABAR EKSRPRES – Sholawat Kamaliyah merupakan salah satu sholawat yang berisi puji-pujian dan doa untuk Nabi Muhammad SAW. Banyak yang mengerjakan amalan ini, karena diyakini memiliki keutamaan dan pahala yang bisa mencapai 100 ribu kali dibandingkan membaca sholawat lain.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dengan hanya sekali membacakan sholawat Kamaliyah, setara dengan 70.000 kali bershalawat.

Ada juga yang bilang setara 100.000 kali shalawat, bahkan 500.000 kali lipat. Selain mendapat pahala yang dilipatgandakan ratusan ribu kali, membaca sholawat Kamaliyah juga bisa menolak lupa.

Baca juga :  Bacaan Sholawat Luthf, Sholawat yang Langsung dari Rosulullah Untuk Penghilang Gelisah

Hal ini dipertegas dalam kitab Sa’âdatuddârain Syekh Yusuf bin Isma’il an-Nabhani, dimana ada penjelasan bahwa shalawat Kamaliyah yang dinisbatkan kepada Nabi Khidir as ini memiliki khasiat mampu menolak lupa.

Di suatu hari Jumat sebelum melaksanakan shalat, Syekh Ali bertamu ke rumah Syihab al-Khaffaji. Syekh Ali pun dipersilahkan duduk di sebuah kursi, sementara Syihab duduk di hadapannya dan bertanya kepada Syekh Ali perihal persoalan-persoalan pelik.

Hebatnya, Syekh Ali mampu menjawab setiap persoalan yang diajukan beserta menyebutkan sumber kitab (buku) pengambilannya, lengkap pula dengan sanad-sanadnya.

Banyak yang takjub dengan kemampuan daya ingat Syekh Ali, dan ternyata beliau sering mengamalkan sholawat kamaliyah dalam kesehariannya.

Baca juga :  Bacaan Sholawat Farah, Sholawat Kebahagiaan Mengagungkan Rosulullah di Bulan Ramadan

Hal itu pula yang membuat Sholawat Kamaliyah diyakini bisa meningkatkan daya ingat dan menolak lupa.

Berikut lafal Sholawat kamaliyah.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اٰلِهِ كَمَا لَا نِهَايَةَ لِكَمَالِكَ وَ عَدَدَ كَمَالِهِ

Allâhumma shalli wasallim wabârik’alâ sayyidinâ Muḫammadin wa ‘alâ âlihi kamâ lâ nihayata likamâlika ‘adada kamâlihi.

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, keselamatan, dan keberkahan kepada Baginda Nabi Muḫammad ﷺ, dan juga kepada keluarganya, sebagaimana kesempurnaan-Mu yang tanpa batas, dan sebanyak bilangan kesempurnaannya ﷺ.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan