Optimalkan Pelayanan Perawat, Dinas Kesehatan Cimahi Fokus Hadapi Permasalahan Kesehatan Masyarakat

JABAR EKSPRES – Dinas Kesehatan Kota Cimahi memperingati Hari Perawat Nasional tingkat Jawa Barat dengan mengadakan acara di Pendopo Kabupaten Subang pada hari Minggu, 17 Maret 2024.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dr. Mulyati berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perawatan dengan fokus pada pelatihan dan pengembangan keterampilan. Menurutnya, inisiatif ini tidak hanya ditujukan kepada perawat, tetapi juga kepada tenaga kesehatan lainnya.

“Dalam pelatihan dan pengembangan keterampilan Dinkes sudah menganggarkan tidak hanya untuk perawat saja tetapi juga untuk nakes lainnya,” ucapnya pada Jabar Ekspres melalui seluler, Senin 18 Maret 2024.

Dr. Mulyani menyoroti peran penting para perawat dalam pelayanan kesehatan. Ia pun mengungkapkan bahwa para perawat di kota Cimahi merupakan nakes dengan jumlah terbesar.

BACA JUGA: Meski Harga Bahan Pokok Naik, Produsen Kue Lebaran Mulai Produksi

“Perawat di Kota Cimahi merupakan nakes dengan jumlah terbesar, tentunya berperan penting dalam hal pelayanan kesehatan di Kota Cimahi. Langkah untuk memperbaiki kerja mereka yang saya lihat di Kota Cimahi tentu disesuaikan tugas pokok dan fungsi dimana perawat tersebut bekerja dan tentunya disesuaikan dengan jenjang keahlian yang dimiliki,” paparnya.

Kendati demikian, Dr. Mulyani menyatakan, untuk meningkatkan pelayanan perawatan di kota ini, Dinas Kesehatan akan mengambil beberapa langkah strategis. Ini termasuk peningkatan pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi para perawat, peningkatan fasilitas dan sarana kesehatan, serta memperkuat koordinasi antara rumah sakit, puskesmas, dan tenaga kesehatan di wilayah ini.

“Akan ada upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan kondisi kerja para perawat, termasuk pemberian insentif yang lebih baik dan dukungan psikologis,” bebernya.

Dr. Mulyani menghadiri acara Hari Perawat Nasional tingkat Jawa Barat yang dihadiri oleh Plh Asda Provinsi mewakili Pj Gubernur, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Bupati, Wali Kota kota atau yang mewakili, lalu Ketua DPD Kabupaten/Kota dan Pengurus DPW PPNI Prov Jawa Barat.

Harapan dari Dr. Mulyani terhadap para perawat di wilayah khususnya Kota Cimahi, menggarisbawahi pentingnya peran mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan