Ramadhan dari Hari Kehari, EMPAT, Ramadhan: EMPAti Tingkatkan!

JABAR EKSPRES – Ibadah shaum, khususnya di Bulan Ramadhan mengajarkan agar kita menumbuhkan rasa EMpati atau Peduli Atas kesulitan dan penderitaan yang Terjadi kepada sesama muslim.

Di saat sahur atau berbuka ketika kita masih dapat menikmati berbagai hidangan yang dapat mengobati rasa laparnya berpuasa dengan suasana yang riang gembira.

Di saat yang sama masih banyak saudara kita yang masih kelaparan dengan berbagai latar belakang kondisi yang menjadi penyebabnya dalam suasana duka bahkan penderitaan.

Baca juga : Contoh Ceramah Kultum Tentang Menjaga Kesehatan di Bulan Suci Ramadhan

Sebagai yang mengaku beriman kepada Alloh SWT, tentu saja kita tidak bisa hanya tinggal diam apalagi tidak peduli sama sekali dengan kesulitan dan penderitaan saudara-saudara kita sesama Muslim di belahan bumi manapun mereka berada.

Dengan iman yang sama maka sesama Muslim ibarat satu tubuh yang akan merasakan sakit yang sama jika salah satu bagiannya sakit.

Apalagi jika mengingat sabda Rosuululloh Muhammad SAW,

عَنْ أَبِي حَمْزَةَ أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – خَادِمِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ ” رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik rodhiyallohu ‘anhu, pembantu Rosuululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam, dari Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Salah seorang di antara kalian tidaklah beriman (dengan iman sempurna) sampai ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.”
(HR. Bukhari dan Muslim)
[HR. Bukhari, no. 13 dan Muslim, no. 45]

Hari ini, berbagai macam penderitaan kita saksikan terjadi kepada saudara-saudara kita kaum Muslimin di berbagai belahan bumi ini.

Terutama yang sedang terjadi kepada saudara-saudara kita di Palestina yang mengalami penindasan yang luar biasa dahsyat di luar nilai-nilai kemanusiaan yang dilakukan oleh Zionis Israel laknatulloh.

Baca juga : Ramadhan Dari Hari ke Hari, TIGA, Tingkatkan Ilmu iringi Gerak Amal

Jika itu semua tidak sampai membuat kita empati  turut peduli, maka patut dipertanyakan keimanan yang kita akui.

Bulan Ramadhan adalah momen yang sangat istimewa bagi kita menunjukkan kepedulian, sekurang-kurangnya dengan do’a, karena do’a orang yang sedang shaum tidak tertolak.

Selipkan do’a diantara detik-detik shaum yang kita lalui untuk saudara-saudara kita sesama Muslim yang sedang didalam penderitaan dan penindasan dimanapun mereka berada agar Alloh SWT kuatkan dan segera dibebaskan dari penderitaan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan