Bahaya Makan Gorengan Saat Buka Puasa, Bisa Kena Penyakit Ini

JABAR EKSRPES – Bagi banyak orang, gorengan menjadi menu wajib saat berbuka puasa. Rasanya yang gurih selalu menggugah selera, terutama bagi perut dan mata yang lapar. Namun ternyata mengonsumsi gorengan saat buka puasa juga ada bahayanya, bahkan bisa terserang berbagai penyakit.

Bahaya konsumsi gorengan saat buka puasa memang tidak selalu dirasakan setiap orang, ada yang dampaknya cepat muncul, ada yang sama sekali tidak menunjukkan gejala apapun, namun tiba-tiba langsung sakit.

Gorengan yang menggoda seperti Bakwan, tempe mendoan, tahu goreng, risoles dan masih banyak lagi, biasanya lebih nikmat jika disantap menggunakan cabai atau saos pedas.

Baca juga : Aneka Bubur Enak Khas Berbagai Derah yang Selalu Hadir Sebagai Menu Buka Puasa

Hal ini akan menambah resiko terserang penyakit lain seperti gangguan pencernaan, terutama dikonsumsi saat perut kosong. Akan bertambah bahaya lagi bila dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut beberapa bahaya dan dampak buruk terlalu banyak makan gorengan saat buka puasa:

Dampak Negatif:

1. Tinggi Kalori dan Lemak Trans

Gorengan umumnya mengandung tinggi kalori dan lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Rendah Serat dan Nutrisi

Gorengan biasanya rendah serat dan nutrisi. Konsumsi makanan rendah serat dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

3. Peningkatan Kolesterol

Gorengan sering kali digoreng dalam minyak yang jenuh, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

4. Gangguan Pencernaan

Konsumsi gorengan berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas, gas, dan diare.

5. Penurunan Kesehatan Kulit

Makanan berlemak dan berminyak dapat menyebabkan jerawat dan peradangan pada kulit.

Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut sebaiknya segera menghindari makan gorengan saat buka puasa, dan menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.

Baca juga : 30 Ide Menu Buka Puasa Kreatif pada Bulan Ramadan

Berikut beberapa cara untuk menghindari terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh gorengan.

– Mengganti dengan Makanan Sehat

Ganti gorengan dengan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, sereal utuh, atau kacang-kacangan. Makanan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan