5 Ciri Kurma Israel, Merek hingga Ada Tanda Kode Ini

JABAR EKSPRES – Berikut adalah 5 ciri produk kurma asal Israel, mulai dari merek hingga tanda kode yang dapat diketahui.

Baru-baru ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengumumkan bahwa mengonsumsi produk kurma dari Israel dianggap tidak halal alias haram.

Mereka mendorong masyarakat untuk menghindari produk-produk yang terkait dengan Israel, dengan harapan dapat mengurangi kekuatan ekonomi negara tersebut.

Sudarnoto, selaku Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, menjelaskan bahwa meskipun kurma merupakan makanan yang umum dan banyak dijual selama bulan Ramadan, namun bisa menjadi haram jika penjualannya digunakan untuk mendukung tindakan kekerasan terhadap warga Palestina.

MUI mendorong aksi boikot ini sebagai upaya untuk melemahkan ekonomi Israel, dengan harapan dapat mencegah penyerangan terhadap Palestina di masa mendatang.

Untuk mengetahui daftar produk yang mendukung Israel, diperlukan riset yang cermat terkait asosiasi produk dengan negara tersebut.

Adapun Boycott, Divestment, Sanction (BDS) Australia, membagikan ciri-ciri untuk mengidentifikasi kurma yang diproduksi dari Israel.

BDS merupakan sebuah gerakan protes global yang menekankan penolakan terhadap kekerasan. Berikut adalah ciri-ciri kurma Israel yang dilaporkan BDS Australia.

5 Ciri Kurma Israel

  1. Periksa labelnya dengan cermat, terutama untuk kurma medjool, yang merupakan jenis kurma, bukan merek. Kurma Medjool memiliki variasi produksi yang tidak semuanya berasal dari Israel. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa identitas perusahaan produsen yang tertera pada kemasan produk sebelum membelinya.
  2. Periksa kode batangnya. Kode 729 menandakan produk berasal dari Israel. Kadang-kadang, negara asalnya disembunyikan. Disarankan untuk menghindari pembelian kurma campuran.
  3. Hindari membeli merek-merek ekspor Israel seperti King Solomon, King Medjool, Medjool Plus, Jordan River, dan Bahri.
  4. Perhatikan label perusahaan ekspor Israel seperti Medjool Plus, Carmel Agrexco, Mehadrin, dan Hadiklaim.
  5. Kurma asal Israel seringkali dijual dengan harga lebih murah daripada kurma dari negara lain.

Dengan memperhatikan ciri-ciri ini, diharapkan konsumen dapat membuat pilihan yang sesuai dengan prinsip mereka terkait boikot produk Israel.

BACA JUGA: Kurma Date Crown dari Negara Mana? Ada Kurma Lulu, Khalas dan Khenaizi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan