Hari Pertama Ramadan, Warga Pusing Karena Harga Kebutuhan Pokok Masih Tinggi

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Masuk hari pertama bulan Ramadan, harga kebutuhan pokok masyarakat di Kota Bandung masih relatif tinggi. Bahkan di Pasar Ujungberung, pada Selasa (12/3), harga cabai merah kini berada di angka Rp120.000 perkilo.

Selain itu, bahan pokok lain yang mengalami kenaikan secara signifikan yaitu tomat dan kentang, keduanya mengalami kenaikan sebesar Rp5.000. Kini, perkilonya berada di harga Rp25.000.

Salah satu Pembeli, Firda (29) menyebut kerap dipusingkan saat awal memasuki Bulan Ramadhan. Hal ini sehubungan dengan kerap kalinya terjadi kenaikan harga bahan pokok di pasaran.

“Pasti (Awal Ramadhan) belanja suka melebihi budget harian. Karena ada aja yang naik, entah Rp1.000 atau Rp2.000. Sedikit juga kalau semua naik ya bingung juga,” katanya kepada Jabar Ekspres.

BACA JUGA: Inflasi Harga Bahan Pokok, KAMMI Jabar: Kemiskinan di Jawa Barat Bisa Meningkat

Guna menyiasati terpenuhinya kebutuhan di tengah harga bahan pokok yang alami kenaikan. Ia mengungkapkan, kerap menurunkan kuantiti pada bahan belanjaannya.

“Misal kaya cabai lagi naik, belinya seperempat dulu. Terus kebetulan telur juga tadi naik Rp2.000 perkilonya, saya beli dulu setengah kilo. Terpaksa harus gini, karena kalau gak gini, ada bahan yang gak kebeli pasti,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, menurut salah satu pedagang Pasar Ujungberung, Sodikin (41) menuturkan, kenaikan memang kerap terjadi di awal bulan Ramadhan. Namun tak berselang lama, menurut kesepahamannya, harga akan tak akan lama bertahan dan cenderung bakal kembali normal.

“Musiman kaya gini, sekarang cabai aja Rp120.000 perkilo, belum lagi kayak tomat dan kentang udah naik dari seminggu lalu. Cuman biasanya gak akan lama, 3 hari udah turun lagi. Tahun-tahun sebelumnya kaya gitu, karena awal (Ramadhan) jadi masih mahal,” kata Sodikin kepada Jabar Ekspres.

BACA JUGA: Pasar Kaget Ramadan di Depan UIN SGD Bandung, Arus Lalin Agak Tersendat

Namun ditengah harga yang relatif alami kenaikan. Diakui Sodikin, stok kebutuhan pokok masyarakat di Pasar Ujungberung dalam kondisi aman.

“Pengiriman lancar, stok juga aman. Cuman ya itu, beberapa ada yang naik, yang paling gede ya cabai, tapi aman plus kondisi juga bagus,” ujarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan