Tingkatkan Moderasi Beragama, Forum Santri Kuningan Adakan Kemah Kebangsaan

KUNINGAN – Tingkatkan Moderasi Beragama,  Forum Santri Jawa Barat Kabupaten Kuningan, menggelar kemah Kebangsaan dengan tema “Penguatan Moderasi Beragama sebagai Komitmen Menjaga Kerukunan, Toleransi dan Nilai Luhur Kebangsaan”, Sabtu-Minggu (2-3 Maret 2024).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada generasi muda terutama para siawa Madrasah Aliyah, Santri Pondok Pesantren dan Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Kabupaten Kuningan, berlangsung di Ponpes Daarul Muslimin, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Kabankesbangpol Kuningan, Drs. H. Nurahim M.si,  hadir memberikan sambutan dalam acara tersebut. mengatakan, kegiatan ini memiliki misi penting dalam peningkatan moderasi beragama.

“Kami ingin peningkatan dan penguatan moderasi beragama yang signifikan dapat terbentuk, mengingat ini juga mandatori program RPJM jadi harus diterapkan pada semua aspek kehidupan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum Santri Kuningan KH Yayat Hidayat  sekaligus sebagai pimpinan Ponpes Daarul Mukhlishin menilai penting dengan moderasi beragama saat ini. KH Yayat mengantakan bahwa moderasi beragama sudah berjalan baik di Kuningan.

Hal tersebut kata dia, ditandai dengan kerukunan beragama di enam desa yakni, Desa Manislor Kecamatan Jalaksana, Desa Citangtu Kecamatan Kuningan, Desa Cisantana Kecamatan Cigugur, Desa Cirukeum Kecanatan Garawangi, Desa Bangunjaya Kecamatan Subang dan Desa Tugumulya Kecamatan Darma.

“Moderasi beragama di Kuningan sudah terlihat sejak dulu, hal ini ditandai dengan rukunnya antara pemeluk agama di Kuningan. Dan sudah ada enam desa di Kabupaten Kuningan ditetapkan sebagai kampung toleransi,” ujar  pimpinan Ponpes Daarul Mukhlishin Kuningan

Diungkapkan dia, moderasi beragama semakin dilestarikan dalam kemah kebangsaan oleh Forum Santri Jabar, Kabuapten Kuningan dengan mengundang perwakilan Mahasiswa, Pelajar dan Santri dari Ponpes di Kuningan.

Diketahui, ada 310 orang sebagai peserta Kemah Kebangsaan ini. Mereka berasal dari Perwakilan Universitas Islam Al Ihya Kuningan, Perwakilan Universitas Kuningan, Perwakilan Uswagati Cirebon, Perwakilan Unigal Galuh, UIN Cirebon, MAN 1 Cigugur, Ponpes Daarul Mukhlisin, Pondok Tahfidz Qur’an Salsabila Kuningan, Ponpes Al Furqon Ciniru Kuningan, Ponpes Madani Al Ihya.

 

Berikut para narasumber Kemah Kebangsaan Kuningan:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan