Apa Itu Tahun Kabisat, Kenapa Bisa Terjadi 4 Tahun Sekali

JABAR EKSPRES – Hari ini tepatnya tanggal 29 Februari menjadi momen langka yang disebut sebagai tahun kabisat. Tahun kabisat tidak terjadi serta merta, tetapi ada penghitungan khususnya.

Tahun kabisat merupakan tahun yang berbeda dari tahun-tahun lainnya, karena tahun ini jumlah harinya bukan lagi 365 hari, melainkan 266 hari dan hanya terjadi empat tahun sekali.

Hal tersebut menjadi salah satu keunikannya sehingga banyak orang yang akhirnya memanfaatkan momen ini untuk menyelenggarakan peristiwa penting dalam hidupnya, seperti pernikahan, tunangan atau bahkan memulai usaha.

Baca juga : Maulid Nabi 2022 Jatuh Tanggal Berapa? Bolehkan Memperingati Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Dilansir dari berbagai sumber, definisi tahun kabisat dijelaskan dalam beberapa versi diantaranya:

– Menurut situs astronomi milik NASA bernama Space Place, menyebutkan bahwa tahun kabisat adalah periode waktu di mana satu tahun terdiri dari 366 hari.

– Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), menjelaskan yang dimaksud de gan kabisat adalah tahun yang jumlah harinya 366 hari (dalam tahun itu, jumlah hari dalam bulan Februari adalah 29 hari).

– Penghitungan kalender masehi, tahun 2024 adalah tahun kabisat karena bulan Februari 2024 terdiri dari 29 hari. Jika mengikuti aturan tahun kabisat yang terjadi empat tahun sekali, 29 Februari akan terjadi lagi pada tahun 2028.

Dari penjelasan tiga sumber tersebut dapat diketahui maksud yang sama, dimana tahun kabisat hanya terjadi empat tahun sekali dengan penghitungan hari yang berbeda dari tahun-tahun yang lain.

Namun selain penjelasan tentang definisi Tahun Kabisat ternyata ada penghitungan khusus untuk menentukan kapan tahun kabisat terjadi.

Perhitungan umum yang sudah diyakini oleh manusia bahwa satu tahun ada 365 hari ternyata tidak seluruhnya benar. Karena sesungguhnya, Bumi mengorbit Matahari membutuhkan waktu sekitar 365,25 hari atau 365 hari enam jam.

Jadi ada kelebihan penghitungan setiap tahunnya selama enam jam. Hal ini lantas diakumulasikan dalam satu hari penambahan, tepatnya pada bulan Februari, sehingga dalam empat tahun sekali ada kelebihan satu hari dibulan februari yakni tanggal 29 Februari.

Baca juga : Apa Itu Rare Birthday Viral di TikTok? Ini Cara Ikut Trennya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan