Apa Itu Rare Birthday Viral di TikTok? Ini Cara Ikut Trennya!

JABAR EKSPRES – Apa maksud dari tren rare birthday yang sedang ramai di TikTok? Begini penjelasan dan cara mengikuti trennya.

Momen ulang tahun tentunya menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu karena bertambahnya usia seseorang.

Namun bagaimana jika ulang tahunmu ternyata termasuk dalam perayaan yang unik dan berbeda, seperti yang tengah tren sekarang yaitu ‘rare birthday’.

Apa Itu Rare Birthday?

Jika diartikan rare birthday adalah ulang tahun yang langka. Hal ini tentunya bisa bermakna sangat luas, baik bisa dilihat dari segi momen, acara hingga tanggal.

Seperti dilansir dari laman Gulfnews, rare birthday yang terjadi salah satunya bagi mereka yang merayakannya pada tanggal 29 Februari.

Hal ini disebut rare birthday, lantaran 29 Februari adalah Hari Kabisat. Peluang untuk lahir pada tanggal ini adalah satu dari 1.461, sementara untuk tanggal lainnya, peluangnya hanya satu dari 365.

Orang yang lahir pada tanggal 29 Februari disebut sebagai leapers atau leaplings.

Mereka memiliki keistimewaan karena, seperti yang dijelaskan oleh Haithem, mereka dapat memilih hari apa saja dalam setahun untuk merayakan ulang tahun mereka, sementara kebanyakan orang hanya memiliki satu hari untuk merayakannya.

BACA JUGA: Viral! Kenapa Warganet Sebut Ahok ‘Kuda Putih’? Ternyata Ini Awal Mulanya!

Jika ulang tahun sebenarnya hanya terjadi sekali dalam empat tahun, perayaannya menjadi lebih istimewa dan spektakuler.

Namun berbeda dengan tren rare birthday yang viral di TikTok, warganet mengunggah video mereka dengan mencantumkan tanggal lahir, apakah mereka termasuk langka alias jarang yang lahir ditanggal tersebut atau tidak.

Tren ini dimulai dengan pertanyaan “Do You Have a Rare Birthday?”, yang berarti “apakah ulang tahunmu langka?”.

Misalnya, yang diunggah oleh pemilik akun @Princess***, sebelum postingan diunggah, ia menuliskan tagar di captionnya #January9thbirthday, dan terlihat hanya 87 postingan yang menggunakan tagar tersebut. Kemudian ia menuliskan lebih lanjut “Posthink aja yg lain belum pada upload,” tulisnya.

Cara Mengikuti Tren Rare Birthday

Berikut adalah cara untuk mengikuti tren Rare Birthday di TikTok:

  1. Masuk ke aplikasi TikTok
  2. Pilih foto/video yang ingin kamu unggah
  3. Klik “Berikutnya”
  4. Tuliskan ulang tahunmu di caption dengan format Bahasa Inggris, misalnya #January1stbirthday
  5. Lihat ada berapa postingan yang menggunakan tagar tersebut, jika semakin sedikit yang menggunakannya, itu berarti ulang tahunmu langka

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan