Jelang Persib Bandung vs PSIS Semarang, Polresta Bandung Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

JABAR EKSPRES – Jelang pertandingan Persib Bandung melawan PSIS Semarang di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada Selasa (27/2/2024) besok, Polresta Bandung akan melakukan rekayasa lalu lintas.

Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Mangku Anom mengatakan terkait rekayasa, pihaknya akan mempertimbangkan prioritas kendaraan menuju SJH.

“Pasti kita adakan rekayasa, yang pertama kita pertimbangkan itu prioritas arus kendaraan yang menuju jalak harupat,” ujar Anom saat dihubungi, Senin (26/2/2024).

Anom menjelaskan, dirinya sudah mempersiapkan antisipasi khususnya jika terjadi kepadatan kendaraan di sekitar Stadion dengan mengurai kepadatan yang ada di Jalan Gajah Mekar akan disortir dan belok ke arah Pameuntasan.

“Jadi apabila memang tidak berkepentingan ke jalak harupat untuk menghindari juga bagi masyarakat yang mungkin tidak ingin nonton tapi punya kepentingan kegiatan lain diharapkan tidak melintasi jalur tersebut karena dikhawatirkan padat,” jelasnya.

Kemudian, dari jalan Al Fathu pun akan diberlakukan hal yang sama dan akan diarahkan menuju Kantor Pemda Kabupaten Bandung.

“Jadi jalur tersebut khusus untuk warga lokal dengan menunjukkan KTP atau pun suporter,” tambahnya.

Selain itu, Anom juga menyebut akan melakukan sterilisasi tiga jam sebelum pertandingan dimulai dengan melihat situasi dan kondisi.

“Sebelum pertandingan itu kemungkinan dua atau tiga jam sebelum itu kita lihat situasi. Kalau sebelum bubaran itu sekitar 15 menit atau 30 menit sebelum bubaran itu akan kita tutup,” ungkapnya.

Anom menambahkan, saat ini kondisi SJH sudah berstandar Internasional, sehingga pengamanan dan arus lalu lintas akan dilakukan dengan penerapan internasional.

“Untuk pelaksanaannya sendiri karena mungkin beberapa waktu lalu kita sudah cukup sukses melaksanakan pengamanan piala dunia. Beberapa pedoman akhirnya kami jadikan acuan untuk pelaksanaan pertandingan sekarang,” terangnya.

Oleh karenanya, kata Anom nantinya petugas akan melakukan pemeriksaan di arah Jalan Raya Cipatik Soreang dekat dengan Kodim 0624.

“Nanti akan ada pemeriksaan gelang di area dekat kodim setelah penukaran tiket jadi nanti yang bisa mendekat ke arah stadion itu hanya yang bertiket atau punya gelang saja. Sehingga yang tidak silahkan balik kanan,” kata dia

Writer: Agi Ilman Darmawan

Tinggalkan Balasan