Warga Kota Banjar Serbu Beras Bulog Rp10.800 per Kilogram

JABAR EKSPRES – Ratusan warga Kota Banjar tampak antre sejak pagi untuk mendapatkan beras murah SPHP dari Bulog. Beras yang dijual dalam pasar murah yang digelar di halaman parkir Pusdai ini seharga Rp10.800 per kilogramnya. Saking banyaknya peminat, stok beras yang disiapkan pihak Bulog sebanyak 4 ton ini tidak cukup.

“Kami menyiapkan sekitar 4 ton beras, per orangnya dibatasi pembeliannya maksimal 2 kilogram. Beras yang kita siapkan ini tidak cukup, kita tambah satu ritase lagi. Karena banyak masyarakat yang membeli beras SPHP di pasar murah ini,” kata Kepala Pimpinan Cabang Bulog Sub Divre Ciamis yang membawahi area Priangan Timur, Ashille Nusa Panata, Senin 26 Februari 2024.

Selain beras, Bulog Ciamis yang bekerjasama dengan Pemkot Banjar dalam operasi beras murah ini juga menyediakan minyak goreng kemasan.

BACA JUGA: Beras Kian Mahal, Ini Alamat Penjualan Beras Bulog di Kota Banjar

“Kami menyediakan minyak goreng juga dalam operasi pasar murah ini,” ucapnya.

Harga beras di pasaran kini terus meroket. Tak hanya itu, pasokan beras juga kian menipis. Beras SPHP dari Bulog untuk Kota Banjar diprediksi hanya cukup untuk empat bulan kedepan.

“Ini dampak El Nino dan pasokan terhambat. Tapi, kita berupaya dari daerah-daerah tetangga lain untuk memasok persediaan menjelang Ramadhan. Minimal itu dapat menstabilkan harga,” kata Pj Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati.

Atas kondisi ini, Ida berharap masyarakat Banjar berbelanja sesuai kebutuhan, bukan sesuai gaya hidup. Karena harga beras saat ini sedang mahal.

“Upaya yang kita lakukan yakni menggelar operasi pasar, penyelenggaraan pasar murah. Juga akan menjual beras fresh dari petani. Beras yang saya pantau di Bulog itu cukup sampai 4 bulan kedepan,” ucapnya. (CEP)

BACA JUGA: Harga Beras Kembali Meroket, Pemkot Banjar Putar Otak

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan