5 Tanda-Tanda Terjadinya Tornado: Bentuk, Warna hingga Suara

JABAR EKSPRES – Kenali 5 tanda-tanda peringatan terjadinya angin tornado. Baru-baru ini terjadi, angin kencang yang disebut oleh BRIN sebagai tornado pertama di Indonesia menghantam area Rancaekek, Kabupaten Bandung, pada hari Rabu (21/2/2024).

Dilansir dari akun X Erma Yulihastin, peneliti dari BRIN, akan segera melaksanakan rekonstruksi dan investigasi terhadap kejadian tersebut.

Adapun Erma menyebut dengan adanya kronologi gambar dan video dari masyarakat serta media sangat membantu para peneliti dalam mendokumentasikan peristiwa ekstrem ini yang menjadi catatan sebagai tornado pertama di Indonesia.

Berikut di bawah ini dapat diketahui tanda-tanda peringatan terjadinya angin tornado, dikutip JabarEkspres.com dari laman community.fema.gov.

5 Tanda-Tanda Peringatan Angin Tornado

  1. Awan berputar berbentuk corong memanjang dari badai petir ke permukaan tanah yang kemungkinan dapat terlihat
  2. Awan puing mendekat, terutama di permukaan tanah, meskipun corongnya tidak terlihat
  3. Terdengar raungan keras, serupa dengan suara kereta barang, atau keheningan aneh dalam atau sesaat setelah badai petir
  4. Warna langit berubah
  5. Puing-puing berjatuhan dari langit

Kemudian berdasarkan penelitian pendukung, ada beberapa tanda lain yang lebih spesifik mulai dari warna, suara hingga puing-puing yang berputar.

Warna

Badai petir yang sangat gelap (hitam) atau terlihat menakutkan tampak awan berwarna kecoklatan, hijau, atau kuning. Hal ini mungkin menandakan badai petir yang parah.

Penyebab warna awan yang gelap oleh besarnya badai dan terhalangnya sinar matahari.

Sehingga, badai semacam ini dapat menyebabkan hujan es, hujan lebat, dan angin kencang. Segera lakukan tindakan perlindungan.

Suara

Kemudian mengenai suara terdengar seperti kereta barang, yaitu deru angin saat melintasi pepohonan dan bangunan.

Hal ini bisa menunjukkan kemungkinan angin puting beliung atau hujan deras yang parah.

Perputaran angin yang cepat pada angin puting beliung juga dapat menimbulkan suara siulan atau pusaran berfrekuensi tinggi. Dalam setiap kasus ini, segera lakukan tindakan perlindungan

Puing-Puing yang Berputar

Tornado terkadang tersembunyi oleh hujan, awan rendah, pepohonan, atau bangunan yang menghalangi pandangan ke corong.

Corong yang terlihat bahkan tidak harus menyentuh tanah (bisa hanya memanjang setengah atau dua pertiga dari awan menuju tanah).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan