Arti Istilah ‘Passenger Princess dan Survivor’ Viral di TikTok, Ternyata Maknanya Tentang Ini

JABAR EKSPRES – Viral istilah baru di TikTok ‘Passenger Princess’ vs ‘Passenger Survivor’. Kedua istilah ini membuat warganet penasaran apa makna sebenarnya.

Tren ini meluas di TikTok dalam berbagai unggahan video yang dibuat warganet.

Seperti yang diunggah pemilik akun TikTok @selvishraa, ia menyertakan tulisan dalam unggahan videonya seperti berikut.

“im not a passenger princess. Im a passenger SURVIVOR,” tulisnya.

Unggahan tersebut menuai beragam respon, dan ternyata istilah ini sudah lebih awal ramai di negara luar sejak pertengahan tahun 2023.

Apa Arti Passenger Princess dan Survivor?

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, passenger berarti penumpang, princess adalah putri dan survivor adalah penyintas, yang bertahan hidup atau yang (sedang) berusaha bertahan hidup.

Namun dalam tren ini, istilah ‘passenger princess’ merujuk kepada perempuan yang hanya tampil cantik dan duduk di kursi penumpang. Namun orang lain atau biasanya pacarnya, yang mengemudikan mobil.

Sehingga sebutan ‘passenger princess’ ditujukan bagi mereka yang berperilaku layakanya seorang putri, yang hanya duduk dan menaruh tas mereka, mengatur suhu AC, mengontrol pemutaran lagu, dan menyesuaikan volume speaker, semuanya sambil diberi sabuk pengaman oleh kekasih mereka.

BACA JUGA: Viral! Anak Vincent Rompies Diduga Terlibat Kasus Bullying Siswa SMA hingga Masuk RS

Istilah passenger princess di Barat, sering digunakan tidak hanya dengan cara yang lucu, tetapi juga bisa sebagai bentuk sindiran, karena terkadang menjadi passenger princess bisa berarti bahwa seseorang tersebut tidak memiliki SIM atau bahkan hanya malas untuk berkendara.

Berbeda halnya dengan penggunaan istilah “passenger survivor” yang dimaksudkan sebagai kebalikan dari passenger princess.  Bahkan, kata ‘survivor’ dibuat kapital seakan diberi penegasan atau penekanan.

Tentu saja maksudnya adalah  lebih sebagai bentuk guyonan tentang seseorang yang bertahan lama duduk di kursi penumpang sementara sang kekasih suka mengemudi dengan cepat.

BACA JUGA: Viral Komeng Nyalon DPD RI, Ternyata Ini Alasan di Balik Foto Unik dan Lucunya

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan