Tornado Melanda Rancaekek, Ini 3 Cara Berlindung dari Angin Tornado Agar Aman

JABAR EKSPRES – Ketahui cara berlindung dari angin Tornado, mulai dari persiapan hingga tempat yang aman. Sebagaimana diketahui, baru-baru ini terjadi angin Tornado yang melanda wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung dan Sebagian wilayah Sumedang, Rabu (21/2/2024).

Hal ini juga diungkapkan oleh seorang pakar di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin menyebutkan bahwa, angin kencang yang merusak sejumlah bangunan di Rancaekek tersebut adalah badai tornado pertama di Indonesia.

“Struktur tornado Rancaekek, Indonesia, dibandingkan dengan tornado yang biasa terjadi di belahan bumi utara, Amerika Serikat. Memiliki kemiripan 99,99% alias mirip bingits!,” kata Erma Yulihastin dikutip dari akun X pribadinya, Rabu (21/2/2024).

Lalu bagaimana cara berlindung jika terjadi angin tornado? Berikut informasinya dilansir JabarEkspres.com dari laman Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

3 Cara Berlindung dari Angin Tornado

1. Lakukan persiapan diri dan keluarga

Sebelum terjadi angin tornado, persiapkan hal-hal berikut:

  • Pastikan Anda memiliki baterai yang baru untuk perangkat seperti TV, radio, atau perangkat dengan akses internet yang bisa dioperasikan dengan baterai. Hal ini berguna bagi Anda agar tetap bisa mendengarkan informasi cuaca darurat.
  • Buatlah rencana darurat tornado yang mencakup tempat perlindungan yang aman untuk Anda, keluarga, orang-orang dengan kebutuhan khusus, dan hewan peliharaan.
  • Persiapkan peralatan darurat termasuk air, makanan yang tidak mudah rusak, dan obat-obatan.
  • Pastikan anak-anak memahami apa itu angin tornado, peringatan dan tanda bahaya, serta tempat perlindungan yang aman baik di rumah maupun di sekolah

BACA JUGA: Tiongkok Diterpa Tornado Ganas Hingga Menyebabkan 10 Orang Meninggal Dunia

2. Pantau kondisi cuaca dengan waspada

  • Perhatikan perubahan kondisi cuaca di daerah Anda untuk melindungi diri dan orang-orang terdekat dari bahaya angin tornado.
  • Jika ada peringatan badai petir, pantau terus stasiun radio dan TV lokal, serta stasiun radio cuaca NOAA untuk informasi lebih lanjut.
  • Beberapa tanda cuaca yang dapat menandakan kedatangan angin tornado antara lain langit gelap atau hijau, awan besar dan gelap, hujan es besar, serta raungan keras yang terdengar seperti kereta barang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan