Lakukan Ini Agar Mata Tidak Pedih Saat Mengupas Bawang

JABAR EKSPRES – Mengupas bawang menjadi salah satu rutinitas yang harus dilakukan dalam rangkaian kegiatan memasak. Namun banyak yang enggan melakukannya karena mengakibatkan mata pedih. Kini ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar mata tidak pedih saat mengupas bawang.

Mata terasa pedih saat mengupas bawang dikarenakan ada senyawa sulfur yang disebut asam sulfenat di dalam bawang. Ketika bawang dipotong atau dikupas, sel-selnya terpotong dan bereaksi dengan enzim yang menghasilkan senyawa ini. Ketika senyawa asam sulfenat ini terpapar udara, ia berubah menjadi gas yang disebut sinpropanethial-S-oksida.

Baca juga : Ngilu-ngilu Pedasnya! 5 Sambal Bawang yang Bikin Ketagihan, Tidak Bau Langu Lagi!

Gas inilah yang memicu reaksi iritasi pada mata. Iritasi terjadi saat air pada permukaan mata dan membentuk asam sulfonat, yang dapat menyebabkan mata menjadi pedih, berair, dan bahkan dapat menyebabkan produksi air mata lebih banyak sebagai respons terhadap iritasi.

Meskipun reaksi ini tidak berbahaya secara medis, tetapi dapat menjadi sangat tidak nyaman. Beberapa orang lebih sensitif terhadap gas ini daripada yang lain, sehingga reaksi iritasi dapat bervariasi dari orang ke orang.

Agar aktivitas mengupas bawang tidak pedih dimata, ada bebrapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya :

1. Air Mengalir

Upayakan agar ada aliran udara di dekat tempat Anda mengupas bawang. Misalnya, Anda bisa mengupas bawang di dekat ventilasi atau di bawah aliran kipas angin. Ini membantu mengarahkan uap bawang yang menyebabkan iritasi menjauh dari mata Anda.

2. Pemotongan yang Cepat

Potong bawang dengan cepat untuk mengurangi waktu paparan uap yang bisa menyebabkan mata pedih. Semakin lama bawang terpotong terbuka, semakin banyak uap yang dilepaskan.

3. Gunakan Pisau Tajam

Menggunakan pisau yang tajam meminimalkan kerusakan pada sel-sel bawang dan mengurangi jumlah zat yang menyebabkan iritasi.

4. Rendam Bawang dalam Air Dingin

Sebelum mengupas bawang, rendam dalam air dingin selama beberapa menit. Hal ini dapat membantu mengurangi kandungan zat yang menyebabkan iritasi.

Baca juga : Gurihnya Ayam Goreng Bawang Putih yang Bikin Nagih, Begini Resepnya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan