9 Prospek Kerja Lulusan Sastra Arab Selain Penerjemah, Ternyata Ada Banyak Karir Lho!

JABAR EKSPRES – Anda berminat memilih kuliah jurusan Sastra Arab? Ini dia 9 prospek kerja lulusan Sastra Arab yang dapat Anda ketahui.

Jika Anda memilih jurusan Sastra Arab untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi, Anda kan lebih mendalami mengenai bahasa hingga budaya Arab baik secara lisan, tulisan, tata bahasa, linguistik dan masih banyak lagi.

Para mahasiswa yang memilih program studi ini juga akan banyak belajar terkait berbagai karya tulis seperti novel, naskah drama, hinggi puisi yang ditulis dalam bahasa Arab.

Beberapa mata kuliah ditemui apabila memilih jurusan Sastra Arab mulai dari Kesusastraan Arab, Fonologi Bahasa Arab, Morfologi Bahasa Arab, Tradisi Lisan dan Tulisan Jawi, Ilmu Nahwu dan masih banyak lagi.

Namun, bagaimana dengan prospek kerja jurusan Sastra Arab? Simak informasinya di bawah ini sebagaimana dikutip dari laman Universitas Islam An Nur Lampung.

9 Prospek Kerja Lulusan Sastra Arab

1. Penerjemah

Bidang ini bisa menjadi salah satu karir yang dapat dipilih oleh lulusan Sastra Arab, mengingat menjadi seorang penerjemah lisan bahasa Arab banyak diperlukan misalnya saat ada pertemuan bisnis, konferensi internasional, kunjungan kenegaraan, dan lainnya.

2. Diplomat

Diplomat adalah orang yang memiliki tugas mewakili negara untuk melakukan diplomasi dan membangun hubungan baik dengan negara-negara lain.

Apabila Anda adalah seorang lulusan Sastra Arab, bisa melakukan diplomasi khusus di negara-negara Arab.

3. Leksikografer

Leksikografer adalah sebutan bagi ahli yang membuat kamus bahasa Arab atau kamus dwibahasa yang melibatkan bahasa Arab.

4. Tour Guide

Lulusan Sastra Arab juga bisa memilih pekerjaan di bidang parawisata salah satunya menjadi seorang tour guide atau pemandu wisata yang menguasai bahasa dan budaya Arab.

Anda dapat melayani wisatawan asal negara-negara Arab atau yang ingin mengunjungi negara-negara Arab.

BACA JUGA: 12 Kampus Terbaik Jurusan DKV, Calon Mahasiswa 2024 Hobi Desain Wajib Tahu Ini!

5. Editor

Pekerjaan sebagai editor akan berkaitan dengan aktivitas seperti mengedit naskah dalam bahasa Arab sebelum diterbitkan atau disiarkan.

6. Jurnalis

Seorang jurnalis juga bisa menjadi pilihan karir lulusan Satsra Arab.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan