Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan PBD per Kapita 2024

JABAR EKSPRES – Ketika menilai negara-negara terkaya di dunia, PDB per kapita menjadi metrik penting yang mencerminkan kemakmuran ekonomi suatu negara per orang.

Dalam artikel ini kita akan membahas 10 negara terkaya di dunia berdasarkan PDB per kapita, seperti yang diperkirakan oleh Dana Moneter Internasional (IMF). Namun, ekspektasi konvensional dapat ditantang, karena pesaing utama sering kali mencakup beberapa negara terkecil di dunia.

PDB, yang mewakili nilai total barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara, diteliti dengan membagi jumlah ini dengan jumlah penduduk, yang memberikan wawasan tentang kekayaan rata-rata penduduk. Namun, untuk pemahaman yang lebih bernuansa, sangat penting untuk mempertimbangkan tingkat inflasi dan harga barang dan jasa lokal, yang berujung pada angka yang dikenal sebagai paritas daya beli (purchasing power parity/PPP).

Meskipun PPP memperhitungkan perbedaan biaya di berbagai negara, PPP masih perlu diwaspadai, karena negara-negara tertentu, yang berfungsi sebagai suaka pajak, dapat menggelembungkan angka PDB mereka secara artifisial dengan kekayaan eksternal.

Kendati demikian, peringkat PDB per kapita untuk tahun 2023, yang memperhitungkan PPP, memberikan wawasan berharga tentang kekayaan relatif suatu negara. Peringkat ini memberikan perkiraan yang mendekati posisi ekonomi berbagai negara, yang menjelaskan tingkat kemakmuran mereka.

Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia Berdasarkan PBD 2024

1. Luksemburg

Diposisikan sebagai salah satu negara di Eropa yang paling tidak terpengaruh oleh pandemi Covid-19, Luksemburg telah memprioritaskan pemanfaatan kekayaannya untuk meningkatkan standar hidup, perawatan kesehatan, dan pendidikan. Industri pariwisatanya yang berkembang pesat semakin memperkuat ekonominya.

GDP: $89.1 miliar

Populasi: 639 ribu.

2. Irlandia

Setelah krisis keuangan 2008, Irlandia melakukan reformasi signifikan di sektor perbankannya, ditambah dengan langkah-langkah penghematan seperti pemotongan upah sektor publik. Selain itu, statusnya sebagai surga pajak perusahaan menarik perusahaan-perusahaan multinasional, yang secara substansial meningkatkan perekonomiannya.

GDP: $589.57 miliar

Populasi: 5.03 juta

3. Swiss

Terkenal dengan pariwisata dan sektor keuangannya yang kuat, Swiss juga mendapatkan keuntungan dari ekspor barang-barang bernilai tinggi seperti instrumen dan mesin presisi. Perekonomiannya yang sebagian besar berbasis jasa dilengkapi dengan tarif PPN yang rendah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan