Catat! Daftar Lokasi Festival Cap Go Meh 2024 di Berbagai Daerah

JABAR EKSPRES – Berikut adalah daftar lokasi festival Cap Go Meh 2024 di berbagai daerah di Indonesia.

Cap Go Meh merupakan salah satu momen penting dalam rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek yang digelar pada hari ke-15 dalam kalender Tionghoa dan menandai akhir dari dua pekan perayaan Imlek.

Cap Go Meh juga sering kali ditandai dengan berbagai acara budaya, seperti acara tradisi, festival kuliner khas, serta menjadi waktu untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Adapun berbagai wilayah yang sudah mengumumkan adanya festival Cap Go Meh 2024 sebagai berikut:

Daftar Lokasi Festival Cap Go Meh 2024 di Berbagai Daerah

1. Pontianak

Dikutip dari laman Pontianak.go.id, Festival Cap Go Meh Pontianak 2024 akan segera diselenggarakan dengan rangkaian acara mulai dari tanggal 18 hingga 24 Februari, dan akan dipusatkan di Jalan Diponegoro.

Salah satunya akan menyuguhkan berbagai hiburan dan kuliner. Mulyadi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pontianak, berharap bahwa ke depan, seluruh masyarakat Kota Pontianak dapat merasakan kemeriahan perayaan Cap Go Meh.

Untuk tahun ini, ia melanjutkan, arak-arakan naga dan barongsai telah dihapus berdasarkan kesepakatan bersama antara panitia dan kepolisian.

Kemudian dikutip dari laman Kemenparekraf, Solo, Palembang hingga Singkawang juga akan bersiap menyambut Cap Go Meh. Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Kapan Cap Go Meh 2024? Ini Tanggal dan Asal-Usulnya

2. Solo

Solo Imlek Festival 2024 akan diadakan selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 26 Januari hingga 25 Februari 2024. Festival ini akan menampilkan berbagai rangkaian acara yang menarik.

Di antaranya adalah pesta lampion di sekitar Pasar Gede, ritual Pao Oen, Grebeg Sudiro yang akan diselenggarakan pada 4 Februari, dan acara penutupan dengan Festival Cap Go Meh pada tanggal 25 Februari 2024.

3. Palembang

Perayaan Imlek di Palembang diselenggarakan di Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Pulau ini dikenal karena memiliki Pagoda Hok Ceng Bio dan Klenteng Hok Tjing Rio.

Cap Go Meh di Palembang direncanakan akan berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 22-23 Februari, yang bertepatan dengan hari ke-13 dalam perayaan Imlek.Imlek.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan