Polresta Bandung Cek Kesiapan TPS, Pastikan Keamanan dan Jangan Ada Intimidasi

JABAR EKSPRES – Guna memastikan pendistribusian logistik kotak suara dan surat suara agar tetap aman, Polresta Bandung lakukan pengecekan ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan pengecekan ini dilakukan untuk memastikan semua item logistik sudah tersedia di setiap TPS.

“Kami TNI Polri juga mengawasi setiap TPS dan sudah bertemu dengan petugas PPK, Pengawas, dan Bawaslu kemudian juga perangkat desa kami memastikan bahwa surat suara sudah dalam keadaan baik dan selamat dalam TPS,” ujar Kusworo dalam keterangan resminya, Selasa (13/2/2024).

Selain itu, Kusworo juga menyebut jika petugas keamanan selalu siap dalam melaksanakan tugasnya menjaga dan mengamankan terlebih jika kondisi mengalami banjir akibat hujan.

“Kemudian saya lihat lokasinya aman dari banjir dari hujan dan lain sebagainya dan kami memastikan tidak ada kecurangan atau intimidasi atau paksaan,” sebutnya.

BACA JUGA : APK Masih Seliweran di Kota Bandung, Sekda Sebut Tanggung Jawab Peserta Pemilu

Kusworo pun menghimbau kepada masyarakat dan juga perangkat desa untuk bisa turut andil dalam pelaksanaan pemilihan besok dan tidak ada yang tidak memilih atau golput.

“Dan kami juga menghimbau kepada masyarakat dan para perangkat desa disini agar masyarakat tidak golput dan semua hadir ke TPS menggunakan hak suaranya,” ungkapnya.

Adapun terkait keamanan TPS sendiri kata Kusworo menyebut jika setiap TPS telah disiapkan personil dengan dua orang linmas dan satu anggota kepolisian.

“Ada dua linmas dan satu petugas anggota polisi bisa membawahi tiga sampai 11 TPs di kabupaten bandung tergantung dari tingkat kerawanan dan jarak,” terangnya.

Kusworo menambahkan, untuk antisipasi yang paling rawan menurutnya saat ini jarak terutama apabila terjadi hujan dan banjir.

“Namun itu semua akan memiliki kesulitan tersendiri dalam mobilitas daripada logistik seandainya telah selesai pemungutan suara atau selesai perhitungan dan pergeseran jangan sampai surat suaranya rusak,” tambahnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi banjir yang bisa terjadi di wilayah yang sering terjadi, menurutnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak seandainya banjir.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan