Doa Sebelum Mencoblos Surat Suara Pemilu 2024 untuk Menghindari Pemimpin Zalim

JABAR EKSPRES – Doa-doa menjadi bagian krusial dalam mempersiapkan diri secara spiritual sebelum melaksanakan tugas-tugas penting, termasuk dalam proses coblos pemilihan umum (pemilu) 2024.

Salah satu doa yang bisa dipanjatkan sebelum mencoblos surat suara adalah memohon agar pemimpin yang terpilih nantinya tidak terjerumus dalam perbuatan zalim.

Baca juga : Contoh Ucapan Sumpah KPPS Pemilu 2024, Singkat dan Mudah Dibaca!

Zalim, sebagaimana diuraikan dalam buku Al-Qur’an Hadis Madrasah Tsanawiyah Kelas VII oleh H. Aminudin, merupakan perbuatan yang sangat tercela dan harus dihindari oleh setiap muslim.

Tidak hanya merugikan diri sendiri, perbuatan zalim juga berdampak negatif pada orang lain, baik di dunia maupun di akhirat.

Dalam ajaran Islam, Rasulullah SAW telah menjelaskan tentang ganjaran bagi pemimpin yang zalim.

Mereka termasuk dalam golongan pertama yang akan masuk neraka, seperti yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA.

Berdasarkan penjelasan dalam buku 1500++ Hadis & Sunah Pilihan oleh Syamsul Rizal Hamid, kezaliman pemimpin dapat merujuk pada ketidakmampuan mereka dalam berlaku adil, baik terhadap diri sendiri maupun sesama warganya.

Dalam panduan lengkap shalat, doa, zikir, dan shalawat oleh Ustaz Enjang Burhanudin Yusuf, disebutkan beberapa doa yang dapat dipanjatkan sebelum mencoblos surat suara pada Pemilu 2024.

Doa-doa ini bertujuan memohon perlindungan kepada Allah dari pemimpin yang zalim.

1. Doa Pertama

Memohon Perlindungan dari Pemimpin yang Berperilaku Seperti Anak Kecil dan Bodoh. berikut doanya :

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

2. Doa Kedua

Memohon Perlindungan dari Pemimpin yang Tidak Menghormati Allah dan Tidak Mengasihani Rakyatnya. Berikut doanya :

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا

3. Doa Ketiga

Memohon Pemimpin yang Adil dan Mensejahterakan Islam serta Umat Muslim. Berikut doanya :

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

4. Doa Keempat

Memohon Perlindungan dari Pemimpin yang Berperilaku Jahat dan Merusak serta Mendekatkan kepada Orang-orang Baik dan Penasehat yang Baik. Berikut doanya :

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَواتِ السَّبْعِ، وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، كُنْ لِي جَاراً مِنْ فُلَانِ بْنِ فُلانٍ، وَأَحْزَابِهِ مِنْ خَلَائِقِكَ، أَنْ يَفْرُطَ عَلَيَّ أَحدٌ مِنْهُمْ أَوْ يَطْغَى عَزَّ جَارُكَ، وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

5. Doa Kelima

Memohon Keselamatan, Keamanan, dan Pertolongan dari Perlindungan Allah. Berikut doanya :

اللَّهُمَّ يَا سَلَامُ يَامُؤْمِنُ سَلِّمْنَا وَأَمِّنَا وَسَلَّمْ وَامِّنْ شُعْبَ إِنْدُوْنِيْسِيَا وَزُعَمَائِهِمْ اللَّهُمَّ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ نستغيث

Baca juga : Link Download Benner Gratis Pemilu 2024

Doa-doa ini dapat diulang-ulang dengan harapan bahwa Allah SWT akan melindungi masyarakat dari pemimpin yang zalim dan memberikan petunjuk serta perlindungan kepada pemimpin yang terpilih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan