Daftar Daerah Terkaya yang Ada di Provinsi Jawa Barat

JABAR EKSPRES – Jawa Barat memiliki daerah terkaya, karena sebagai salah satu provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia dengan total mencapai 49,4 juta jiwa pada tahun 2022, seperti yang dilaporkan oleh laman bps.go.id.

Dengan jumlah penduduk yang besar, Jawa Barat juga memiliki beberapa wilayah yang dianggap sebagai daerah dengan tingkat kekayaan yang signifikan.

Baca juga : BULOG Jabar Tetap Gelontorkan Beras

Penetapan daerah-daerah ini sebagai yang terkaya sering kali dinilai dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), yang menjadi salah satu indikator utama untuk menilai kondisi ekonomi suatu wilayah dalam periode tertentu.

Berikut adalah lima daerah terkaya di Provinsi Jawa Barat berdasarkan data PDRB dari BPS tahun 2021.

1. Kota Bandung

Kota Bandung menempati peringkat pertama sebagai daerah terkaya di Jawa Barat dengan PDRB mencapai Rp121.126.000, menurut data BPS.

2. Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi menduduki peringkat kedua sebagai daerah terkaya di Jawa Barat dengan PDRB sebesar Rp107.801.000, menurut data BPS.

3. Kabupaten Karawang

Kabupaten Karawang, yang dikenal sebagai kawasan industri, menempati peringkat ketiga sebagai daerah terkaya di Jawa Barat dengan PDRB mencapai Rp98.726.000, berdasarkan data BPS.

4. Kota Cirebon

Kota Cirebon, yang terkenal dengan sebutan “kota udang,” menduduki peringkat keempat sebagai daerah terkaya di Jawa Barat dengan PDRB sebesar Rp72.723.491 menurut data BPS.

5. Kabupaten Purwakarta

Kabupaten Purwakarta menempati peringkat kelima sebagai daerah terkaya di Jawa Barat dengan PDRB sebesar Rp69.985.000, berdasarkan data BPS.

Baca juga : 11 Daftar Dapil DPR RI di Jawa Barat Pemilu 2024, Cek Kota dan Kabupatennya

Demikianlah gambaran mengenai daftar daerah terkaya di Provinsi Jabar, yang menunjukkan diversitas ekonomi dan potensi wilayah tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan