Doa Sebelum Mencoblos di TPS, Agar Semakin Yakin Dengan Pilihanmu di Pemilu 2024 ini

JABAR EKSRPES – Pemilu merupakan momen penting, karena suara yang diberikan pada hari tersebut, akan memberikan pengaruh pada kehidupan bernegara selama lima tahun mendatang. Agar memiliki keyakinan yang kuat akan pilihan kita, sebaiknya sebelum berangkat ke TPS untuk mencoblos kita baca doa terlebih dahulu.

Doa yang dipanjatkan sebelum mencoblos di TPS, merupakan doa agar diberikan ketetapan hati atas pilihan yang akan kita ambil.

Yakni pilihan untuk mendapatkan calon pemimpin negara yang baik, sesuai dengan ketetapan Allah, dan yang diinginkan oleh rakyat.

Baca juga : Doa Sebelum Mencoblos Surat Suara Pemilu 2024 untuk Menghindari Pemimpin Zalim

Salah satu doa ini juga direkomendasikan oleh Kyai Mustofa Bisri atau Gus Mus yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Roudlatut Thalibin, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Doa tersebut adalah doa untuk mendapatkan pemimpin yang amanah, yang takut kepada Allah dan memiliki kasih sayang kepada rakyatnya.

Sebelum membacakan doa-doa ini, dianjurkan untuk memperbanyak bacaan istigfar terlebih dahulu.

Berikut beberapa bacaan doa sebelum mencoblos di TPS:

1. Doa pertama

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ وَلَا يَرْحَمُناَ

Artinya: “Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan (jadikan pemimpin) atas kami karena dosa-dosa kami orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami

2. Doa kedua

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

“Yaa Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”[2]

3. Doa ketiga

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا

“Yaa Allah -dikarenakan dosa-dosa kami- janganlah Engkau kuasakan (beri pemimpin) orang-orang yang tidak takut kepada-Mu atas kami dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”

Baca juga : Kumpulan Doa Untuk Pemimpin, Agar Allah Beri yang Sesuai Kriteria Kepemimpinan Islam

4. Doa keempat

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan