Persiapan Tahun Baru Imlek 2024 dan Etika dalam Merayakannya

JABAR EKSPRES – Tahun Baru Imlek 2024 dirayakan pada 10 Februari dengan berbagai acara seperti karnaval, pertemuan keluarga, parade, makanan tradisional, kembang api, dan perayaan lainnya.

Tahun Baru Imlek 2024 merupakan perayaan penting dalam budaya Asia yang menandai datangnya musim semi dan dimulainya tahun baru dalam kalender lunisolar.

Tanggal perayaan Tahun Baru Imlek 2024 berubah setiap tahunnya karena menggunakan kalender lunar. Setiap tahun menghormati hewan berdasarkan zodiak Tionghoa, dan tahun 2024 akan menjadi Tahun Naga.

Tradisi Tahun Baru Imlek menekankan pentingnya keluarga dan keberuntungan, dan bagaimana perayaan ini berjalan sering kali dianggap sebagai indikasi bagaimana sisa tahun ini akan berjalan.

Meskipun ada perbedaan dalam tradisi di setiap negara dan keluarga, ada beberapa tips yang dapat diikuti agar menghindari kesalahan dalam merayakan Tahun Baru Imlek.

Baca juga: Apa hewan tahun baru Imlek 2024 dan apa maknanya? Berikut penjelasannya

Cara mempersiapkan Tahun Baru Imlek 2024

Tahun Baru Imlek memiliki tradisi membersihkan rumah pada hari-hari menjelang Malam Tahun Baru Imlek. Bersihkan rumah sebelum Tahun Baru Imlek, tapi jangan lakukan pada Hari Tahun Baru. Ada takhayul yang mengatakan bahwa hal-hal yang terjadi pada Tahun Baru menunjukkan bagaimana sisa tahun ini akan berjalan.

Beberapa takhayul ini membuat orang ingin memulai tahun dengan hal-hal baik seperti melunasi utang di awal tahun, karena jika memulai tahun dengan utang, berarti akan berhutang sepanjang tahun.

Selain membersihkan rumah, hal yang juga umum dilakukan adalah mengisi rumah dengan bunga dan buah segar untuk menyambut musim semi, serta menyiapkan satu set pakaian baru yang cerah untuk dikenakan saat bertemu keluarga dan teman di tahun baru.

Bunga dan pakaian harus berwarna cerah seperti merah, kuning, dan merah muda, dan tidak boleh berwarna gelap, hitam, atau putih.

Etika dalam merayakan Tahun Baru Imlek

Etika dalam merayakan Tahun Baru Imlek adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Di Vietnam, kunjungan pertama dalam tahun tersebut dianggap sangat penting karena dikatakan dapat menentukan suasana sepanjang tahun.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan