Persiapan Tahun Baru Imlek 2024 dan Etika dalam Merayakannya

Keluarga biasanya memilih orang yang beruntung, kaya, atau cocok dengan anggota keluarga lainnya untuk dikunjungi pertama kali. Mengunjungi keluarga Vietnam sebelum Tết tanpa undangan dianggap kesalahan besar karena dianggap membawa kesialan bagi rumah tangga tersebut.

Ketika merayakan Tahun Baru Imlek, biasanya orang mengunjungi yang lebih tua terlebih dahulu untuk memberikan ucapan selamat tahun baru sebelum melanjutkan ke keluarga lainnya.

Anak-anak mungkin membungkuk atau bersujud kepada kakek dan nenek mereka dan bertukar harapan untuk tahun yang baik sebelum menerima angpao.

Selain itu, orang juga dapat melakukan salam telapak tangan dan kepalan tangan sambil mengucapkan selamat tahun baru kepada orang lain. Penting juga untuk menjaga agar suasana tetap bahagia, damai, dan harmonis dengan tidak menangis, terlibat dalam pertengkaran, membersihkan atau menyapu selama beberapa hari pertama Tahun Baru Imlek, mengunjungi rumah tangga lain setelah mengalami kematian dalam keluarga, membicarakan hal yang menyedihkan atau negatif, serta tidak bekerja keras pada hari-hari setelah Tahun Baru.

Memberi (atau menerima) amplop merah untuk Tahun Baru Imlek

Amplop merah merupakan bagian paling ikonis dari banyak acara dan perayaan Tionghoa. Amplop yang berwarna merah dan emas ini berisi uang dan diberikan sebagai harapan keberuntungan dari si pemberi kepada si penerima saat acara pernikahan, ulang tahun, atau Tahun Baru Imlek.

Meskipun fokus seringkali pada nilai moneternya, hal yang terpenting bukanlah isi amplop, melainkan warna merah itu sendiri. Warna merah memiliki makna penting dalam budaya Tionghoa, melambangkan kehidupan dan keberuntungan. Amplop yang sudah disegel juga melambangkan kekayaan yang terkunci dan tidak bisa keluar.

Dekorasi Tahun Baru Imlek selalu dipenuhi warna merah karena melambangkan matahari yang memberi kehidupan dan darah yang mengedarkan kehidupan dalam tubuh manusia. Dengan memasukkan uang ke dalam amplop merah dan menyegelnya, kita mengemas simbol kemakmuran di dalam simbol kehidupan, memastikan agar keberuntungan tetap terkunci.

Demikian informasi mengenai Tahun Baru Imlek 2024. Semoga bermanfat ya!

Baca juga: Apa Arti Tahun Naga Kayu? Simak Ramalan Shio Tahun Baru Imlek 2024

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan